Get Adobe Flash player
Home News Serba serbi

Serba serbi

ragam info

Lemkabuja Gelar Festival Keroncong

Lembaga Kajian Budaya Jawa (Lemkabuja) Sinode Gereja Kristen Jawa (GKJ) Purworejo menggelar Festival Keroncong Liturgi (FKL) yang dipusatkan di Padepokan Mitra Kinasih Purworejo, beberapa waktu lalu. Festival yang diikuti 12 group keroncong dan yang terjauh dari Jakarta, dibuka Ketua Lemkabuja Sinode GKJ Pdt Lukas Eko Sukoco. Festival yang diagendakan dua tahunan itu, tampak meriah dengan penampilan para peserta yang menyuguhkan paduan musik keroncong terbaiknya.

 

Museum Tosan Aji Jamas Pusaka dan Ruwat Sukerta

Museum Tosan Aji Kabupaten Purworejo melakukan jamasan untuk semua benda pusaka yang di museum dan juga benda pusaka dari masyarakat. Selain jamasan, sekaligus pula dilakukan ruwatan terhadap 27 sukerta dari berbagai kalangan masyarakat.  Prosesi jamasan secara simbolis diawali dengan menjamas Keris Dapur Carubuk pamor Ganggeng Kanyut, yang merupakan keris koleksi museum yang diperkirakan dibuat pada zaman Pajajaran.

 

Bupati : Situasi Kekurangan Air, Timbulkan Konflik Horinsontal

Situasi kekurangan air seperti yang terjadi sekarang ini, dapat menimbulkan konflik horinsontal. Sudah banyak terjadi dimasyarakat, warga rela berkelahi hanya karena berebut air. Namun menurutnya, di Kabupaten Purworejo tidak akan terjadi karena masyarakat sudah sadar dengan hal ini. Ditambahkannya, apabila situasi ini terus terjadi secara berkepanjangan, entah bagaimana nasib Purworejo kedepan. “Untuk itu mari kita semua bersama-sama memohon kepada Allah SWT melalui shalat Istisqo’. Semoga Purworejo cepat mendapat hujan yang bisa mensejahterakan, bukan hujan yang bisa menyengsarakan masyarakat Kabupaten Purworejo,” harap Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg saat shalat Istisqo’ di Alun-Alun Purworejo, Selasa (20/10).

 

Bupati Hadiri Merti Desa Sutoragan

Sebagai wujud syukur dan permohonan keselamatan, masyarakat Desa Sutoragan Kecamatan Kemiri melaksanakan merti desa dengan menggelar wayang kulit. Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan ini, menghadirkan Ki Sunarpo Guno Prayitno dari Kecamatan Grabag, dengan mengusung lakon pendowo mbangun purboyoso. Bertempat di Lapangan Desa setempat, acara dihadiri oleh Bupati Purworejo, Muspika, sejumlah Kepala Desa dan Tokoh masyarakat setempat, Minggu (18/10).

 

Selasa 20 Oktober 2015, Pemda Akan Menggelar Shalat Istisqo'

Sebagai wujud kepasrahan sebagai hamba Allah SWT yang hanya bisa memohon pertolongan-Nya, bangsa Indonesia khususnya warga Kabupaten Purworejo yang saat ini terkena dampak kekeringan yang bekepanjangan, akan menggelar Sholat Istisqo’. Kegiatan yang diprakarsai oleh Pemda Kabupaten Purworejo ini, bertujuan untuk memohon akan ketersediaan air bersih. Seperti diketahui bersama, menurut BMKG diperkirakan musim hujan baru akan turun pada awal dan pertengahan bulan November 2015.

 
Iklan

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id