Get Adobe Flash player

Instansi Eksternal

dwp-purworejo.org

kwarcabpurworejo.org

pa-purworejo.go.id

pn-purworejo.go.id

indonesia.go.id

bappenas.go.id

Alamat dan Telepon

Daftar Telpon Penting
(Kode telpon 0275) Purworejo
PEMDA 321012
POLRES 110
RSUD 321118
PLN 321043
Telkom 162
PDAM 321050
PMI
321348
PEMADAM
324218/324219
SATLAK PBA
323850
POS
161
Home News Seputar Kesehatan Posbindu PTM Kelurahan Baledono Dilaunching

Posbindu PTM Kelurahan Baledono Dilaunching

Kelurahan Baledono saat ini telah memiliki Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), yang dilaunching, Kamis (24/5). Launching dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah Rini Kusumarani SKM MKes, para pejabat DKK Purworejo, kecamatan, puskesmas, kader posyandu dan Posbindu PTM “MATOA” RW 7, serta masyarakat Kelurahan Baledono. Kabid P2P PL DKK Purworejo drg Dwitya M Kes mengungkapkan bahwa seiring kemajuan zaman dan ekonomi, pola konsumsi masyarakat berubah menjadi tinggi lemak rendah serat. Hal ini menyebabkan penumpukan lemak tubuh, yang menjadi pemicu munculnya penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke, kanker, diabetes mellitus, asam urat dan sebagainya.

Kepala Puskesmas Purworejo dr Nuryanti menambahkan bahwa peran Puskesmas dalam kegiatan Posbindu PTM yaitu membina dan memonitor kegiatan posbindu PTM di masyarakat. Selain itu juga menyelenggarakan pos deteksi dini faktor resiko PTM di masyarakat.

Diungkapkan bahwa Posbindu PTM merupakan suatu bentuk pelayanan yang melibatkan peran serta masyarakat, melalui upaya promotif/promosi kesehatan dan preventif/pencegahan untuk mendeteksi dan mengendalikan secara dini keberadaan faktor resiko PTM secara terpadu. Penyakit  tidak menular (PTM) secara umum meliputi penyakit jantung, hipertensi, stroke, kanker, diabetes mellitus, penyakit paru obsruktif kronis, asma, penyakit sendi, cidera, stress dan lain lain.

PTM dapat digolongkan menjadi suatu kelompok utama dengan faktor resiko yang sama. Faktor resiko tersebut antara lain merokok, pola konsumsi yang tidak seimbang, pola makan yang salah zat pengawet, perasa, jamur, juga stres, kurang olah raga dan lingkungan yang jelek.

Posbindu PTM memilki  5 meja seperti Posyandu balita, perbedaan yang mencolok yaitu di meja penimbangan (pengukuran anthropometri) selain penimbangan dan tinggi badan di meja ini juga dilakukan pengukuran biokimia darah: gula darah, kolesterol, asam urat, tensi darah dan lemak tubuh.

 

Tambah komentar


Security code
Refresh

Iklan

SIM-SIM Internal

SIM Perencanaan Pembangunan

sippd.purworejokab.go.id