Get Adobe Flash player
Home News Seputar Kesehatan Ditemukan Makanan Berbahaya Gunakan Pewarna Tekstil

Ditemukan Makanan Berbahaya Gunakan Pewarna Tekstil

Sejumlah makanan yang dicurigai memiliki kandungan pewarna berbahaya dilakukan uji laboratorium. Makanan itu berupa cendol, krupuk singkong, cenil (sering digunakan untuk kolak), rengginang, permen tape, dan bolu emprit. Masing-masing makanan diambil sampel dari pasar Suronegaran, dan pasar Ngombol yang dilakukan Dinas Kesehatan dalam kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Terpadu Keamanan Pangan Beredar (PPTKPB).

Kegiatan PPTKPB juga melibatkan tim gabungan dari Polres, Satpol PP, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, serta Bagian Humas Setda, yang dipimpin Kasi farmasi Makanan dan minuman (Farmamin) Drs Triyanto APt MKes.
Menurut Triyanto, sejumlah sampel makanan kemudian dilakukam uji laboratorium yang pengujiannya dilaksanakan di Dinkes Purworejo pada (16/6). Sedangkan hasilnya beberapa makanan positif mengandung rhodamin B (merah).

“Antara lain dari 7 sampel yang positif berbahaya ada 4 makanan yakni cendol di Pasar Suronegaran dan Pasar Ngombol, cenil di Pasar Suronegaran dan Pasar Ngombol, serta permen tape. Sedangkan 3 jenis makanan dinyatakan negative yakni rengginang, krupuk singkong, dan bolu emprit (di Pasar Suronegaran),” jelas Triyanto.

Dikatakan, rhodamin  B pada dasarnya merupakan zat pewarna yang digunakan dalam industri tekstil dan pembuatan kertas untuk menghasilkan warna cerah mencolok sehingga menggoda konsumen. Salah satu cara mengenali zat ini adalah warna yang menebarkan cahaya cerah mencolok (bahkan tidak pudar oleh cahaya matahari) dan tidak meratanya taburan warna. “Makanan yang tercampur Rhodamin B biasanya memiliki sedikit rasa pahit, memiliki gumpalan-gumpalan warna serta tidak mencantumkan keterangan merk, produsen dan komposisi yang jelas. Tampilan warna pada makananan juga sangat menarik,” ujarnya.

Triyanto mengingatakan, bahaya mengonsumsi makanan yang mengandung rhodamin B, tidak langsung dirasakan. Namun dalam jangka waktu panjang akan mengakibatkan gangguan kesehatan salah satu diantaranya penyakit kanker.
Untuk itu Triyanto meminta kepada pedagang penjual makanan berbahaya tersebut menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bersedia tidak akan menjual kembali jenis-jenis makanan berbahaya dari pewarna tekstil.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 77 tamu online