Get Adobe Flash player
Home News Seputar Legislatif DPRD Magelang Study Banding Di Purworejo

DPRD Magelang Study Banding Di Purworejo

Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang melakukan stundi banding tentang penanganan masalah sosial dan ketenagakerjaan di DPRD Kabupaten Purworejo, Kamis (4/1). Rombongan yang berjumlah 9 orang, dipimpin Ketua Komisi IV Miftakhul Huda. Mereka diterima oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Purworejo H Rujiyanto SAg MM, anggota DPRD Rohman serta Asisten III Sekda Drs Muh Wuryanto MM.

 

Miftakhul Huda menyampaikan kunjungan itu menjadi kegiatan pertama keluar daerah yang dilakukan. Selain sebagai silaturahmi, kegiatan itu juga diharapkan akan memberikan bekal tentang penanganan masalah sosial dan bencana yang sudah dilakukan di Purworejo.

Pihaknya mengaku memiliki masalah tentang ketenagakerjaan, dimana dalam penganggaran di APBD 2018 justru kegiatan pelatihan tenaga kerja atau pengangguran ini berkurang.”Pengurangan anggaran kegiatan itu tentunya memberikan efek kurang baik, karena pembekalan bagi tenaga siap kerja menjadi berkurang,” ungkapnya.

Tentang masalah kebencanaan, Kabupaten Magelang selama ini juga memiliki kawasan perbukitan yang memiliki tingkat kerawanan tinggi. Keberadaan titik rawan longsor lebih banyak di wilayah perbatasan, salah satunya yang berbatasan dengan Purworejo.
“Yang kami ingin tahu, ada banyak masalah sosial yang timbil pasca terjadinya bencana. Kami ingin menggali pola penanganan yang sudah dilakukan oleh Purworejo,” imbuhnya.

Asisten III Sekda Purworejo Muh Wuryanto mengungkapkan dari 16 kecamatan di Purworejo, sebagian besar merupakan kawasan rawan longsor. Sementara di daerah yang datar memiliki tingkat kerawanan banjir yang tinggi.
“Kalau yang banjir terus terang, masyarakat sudah terbiasa. Jadi terkadang tidak melaporkan kepada pemkab, tapi kita tetap turun ke lapangan melalui BPBD untuk menyalurkan bantuan ataupun kebutuhan yang lain,” ujarnya.

Adapun masalah tenaga kerja, diakuinya, banyak tenaga kerja utamanya yang berpendidikan SMA sederajat tidak bisa tertampung seluruhnya di Purworejo. Kondisi ini menjadikan banyak tenaga kerja yang memiliki bekerja ke luar kota seperti Jakarta dan sekitarnya. “Tidak sedikit pula, tenaga kerja terserap ke bidang konveksi yang ada di Kabupaten Semarang,” tambahnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 30 tamu online