Get Adobe Flash player

Kinerja

Rencana Umum Pengadaan

Instansi Eksternal

kwarcabpurworejo.org

pa-purworejo.go.id

pn-purworejo.go.id

indonesia.go.id

bappenas.go.id

Daftar Telpon Penting
(Kode telpon 0275) Purworejo
PEMDA 321012
POLRES 110
RSUD 321118
PLN 321043
Telkom 162
PDAM 321050
PMI
321348
PEMADAM
324218/324219
SATLAK PBA
323850
POS
161
Home News Seputar Legislatif 45 Orang Anggota DPRD Hasil Pemilu 2009 Diambil Sumpah Jabatan

45 Orang Anggota DPRD Hasil Pemilu 2009 Diambil Sumpah Jabatan

             Sebanyak 45 orang angota DPRD Kabupaten Purworejo masa bhakti 2009-2014, mengangkat sumpah/ janji jabatan. Pengambilan sumpah dipimpn Ketua Pengadilan Negeri (PN) Purworejo, Aroziduhu Waruwu SH, Jum’at (15/7) dalam rapat Paripurna Istimewa, di gedung DPRD, yang dipimpin ketua dewan, Angko Setyarso Widodo. Pada kesempatan tesebut juga diserahkan palu pimpinan dewan dari Pimpinan DPRD masa bakti 2004-2009 kepada pimpinan sementara DPRD masa bakti 2009-2014.

              Jalannya rapat paripurna Istimewa mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan, baik Polri, Satpol PP maupun Kesbang dan Linmas. Pengombyong dari asal para anggota DPRD yang akan dilantik, hanya bisa duduk di tenda yang berada dihalaman gedung. Mereka hanya bisa menyaksikan jalannya pangambilan sumpah melalui layar televisi, yang disediakan. Yang diijinkan masuk gedung hanya tamu undangan serta istri/suami para DPRD yang akan dilantik. Itupun melalui pemeriksaan ketat. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap para wartawan yang akan meliput jalannya sidang.

              Ke 45 orang anggota DRRD yang diambil sumpahnya terdiri dari 11 orang dari partai Golkar. 9 orang dari PDI-P. 8 orang dari Partai Demokrat. 5 orng dari PKB. 4 orang dari PAN. Masing-masing 2 orang dari partai Gerindra dan PKS. Masing-masing seorang dari PBB, PPI, Pelopor dan PPP. Terdiri dari 5 orang wanita dan 40 orang laki-laki.

             Sebelum terbentuknya unsur pimpinan DPRD definitif, DPRD dipimpin seorang ketua dan seorang wakil ketua sementara. Penentuan ketua dan wakil ketua sementara berdasarkan ketentuan yang mengamanatkan bahwa pimpnan sementara berdasarkan perolehan kursi dua partai terbanyak. Dengan mengacu keputusan KPU tentang perolehan kurs idi DPRD, partai Golkar memperoleh kursi terbanyak, disusul PDI-P.

            Untuk itu ketua sementara dijabat oleh Wiwik Setya Waspodo dari partai Golkar dan wakil sementara Sudarnoto WU SIp. Palu pimpinan dewan diserahkan dari unsur pimpinan lama Angko Setyarso Widodo, KH Subarkah Hasyim dan Masrukin kepada dua orang pimpinan sementara.

           Guberur Jawa Tengah Bibit Waluyo, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Purworejo, Drs Mahsun Zein, mengajak kepada anggota DPRD kabupaten/kota hasil pemilu 2009 lalu, untuk bersama-sama memahami makna kedudukan sejajar dan menjadi mitra, dengan hati yang jernih dan bijaksana. Sehingga dalam implementasinya tidak menimbulkan distori yang menyebabkan hubungan kemitraan eksekutif dan legislatif menjadi tidak harmonis.

          Untuk menjamin pelaksanan tugas, fungsi dan kewenangan agar dapat seimbamng, kepada institusi eksekutif dan legislatif diberi kedudukan sejajar dalam kemitraan. Artinya, diantara kedua istitusi, tidak dikenai hubungan secara hirarki dan tidak berlaku hubungan atasan  bawahan. Dalam hubungan horisontal ini, lanjutnya, institusi berada pada jalur tugas dan kewenangan yang tidak dapat saling diintervensi. (HUMAS)   

Pemutakhiran Terakhir (Minggu, 16 Agustus 2009 09:19)

 

Tambah komentar

terima kasih


Security code
Refresh

Iklan