Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pembangunan Mahasiswa UGM Siap Praktek KKN di Tujuh Desa

Mahasiswa UGM Siap Praktek KKN di Tujuh Desa

Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta turunkan 210 mahasiswanya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Purworejo. Masing-masing mahasiswa terbagi dalam tujuh kelompok yang akan melakukan praktek KKN di tujuh desa antara lain Desa Grabag, Banyuyoso, Ketawangrejo Kecamatan Grabag, Desa Somongari, Kaliharjo Kecamatan Kaligesing, dan Desa Candi, Wonosari Kecamatan Ngombol.

 

Para mahasiswa yang didampingi Dosen pembimbing lapangan tersebut, diterima Wakil Bupati Yuli Hastuti  yang didampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes), di Pendopo hari ini Senin (12/6) Hadir pula Camat dan dinas instansi terkait.

Dalam sambutannya Yuli Hastuti SH mengatakan, KKN yang dilaksanakan oleh para mahasiswa ini merupakan perwujudan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa akan benar-benar mampu memahami realitas persoalan yang ada di masyarakat, sekaligus memberikan sumbangsih pemikiran untuk memecahkan berbagai persoalan tersebut.

Yuli Hastuti berharap, para mahasiswa nantinya dapat membantu upaya-upaya pemerintah daerah dan masyarakat Purworejo, dalam mewujudkan pembangunan didaerah dalam kerangka Otonomi Daerah. Antara lain dengan memberikan kontribusi-kontribusi pemikiran yang positif bagi penciptaan peluang usaha dalam upaya peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarakat.

Selain itu lanjut Yuli Hastuti, para mahasiswa diharapkan turut memberikan andil dalam pengembangan sumberdaya manusia, pemanfaatan sumberdaya alam bahkan pengenalan terhadap berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat desa. Demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera, berdaya dan mampu berperan aktif dalam proses pembangunan.

“Harapannya akan ada pencerahan-pencerahan yang dibawa oleh mahasiswa ke dalam lingkungan masyarakat, sehingga pada akhirnya berbagai inovasi dapat dikembangkan dalam upaya peningkatan taraf kehidupan masyarakat,” harap Yuli Hastuti.

Dosen Pembing Lapangan Ibrahim Rahmad Skp Dr SPd MKes menjelaskan, tujuan ber KKN di Kabupaten Purworejo untuk menerapkan ilmu yang sudah didapat yang krmudian para mahasiswa mengimplementasikan di masyarakat. Mahasiswa harus mengikuti semua kegiatan dimasyarakat, dan juga dalam melaksanakan tugas baik internal maupun eksternal terlebih dulu harus diketahui RT, RW atau tokoh masyarakat. “Jangan melawan arus, adat istiadat apapun yang ada harus diikuti dan ditaati. Karena pasti setiap daerah akan memiliki kebiasaan yang berbeda-beda,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinpermasdes Gentong Sumharjono SSos MM yang diwakilkan Kasi peningkatan pembeerdayaan masyarakat Heri Suranto SSos melaporkan, dalam KKN ini Bertemakan KKN Tematik Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat program prmbangunan desa dan rintisan model desa berdikari di Provinsi Jawa Tengah. Untuk pelaksanaan KKN akan berlangsung 2 bulan dimulai 12 Juni s/d 12 Agustus.

Pemutakhiran Terakhir (Jumat, 16 Juni 2017 11:19)

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 86 tamu online