Get Adobe Flash player

Kinerja

Rencana Umum Pengadaan

Instansi Eksternal

kwarcabpurworejo.org

pa-purworejo.go.id

pn-purworejo.go.id

indonesia.go.id

bappenas.go.id

Daftar Telpon Penting
(Kode telpon 0275) Purworejo
PEMDA 321012
POLRES 110
RSUD 321118
PLN 321043
Telkom 162
PDAM 321050
PMI
321348
PEMADAM
324218/324219
SATLAK PBA
323850
POS
161
Home News Seputar Pemerintahan Aturan Tentang Desa Perlu Penyesuaian

Aturan Tentang Desa Perlu Penyesuaian

Pemerintah Kabupaten Purworejo, dalam waktu dekat akan mengajukan  rancangan peraturan daerah (raperda) tentang desa. Hal itu untuk menyesuaikan dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 pada Januari lalu. Sebab perda yang saat ini berlaku, sudah tidak sesuai dengan UU yang baru.

Hal tersebut mengemuka dalam forum satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Sekretariat Daerah (Setda) yang membahas rencana kegiatan tahun 2015 mendatang. Kegiatan diselenggarakan diruang Arahiwang Setda, awal pekan ini, dihadiri Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg, Wakil Ketua DPRD Angka Setyarso Widodo, Kepala Bappeda Drs Said Romadlon. Paparan rencana kegiatan lingkup setda dipaparkan Assisten Sekda bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs Gandi Supriyanto.

 

Dikemukakan oleh Kabag Pemerintahan Desa/Kelurahan Setda Drs Wahyu Jaka Setyanta, bahwa dengan diberlakukannya UU 6/2014, mengharuskan banyak perda yang mengatur desa harus diperbaharui. Hal itu karena tidak sesuai dengan amanat UU yang baru.

Ia mencontohkan,  dalam UU tersebut mengamantkan bahwa masa jabatan kepala desa masih tetap enam tahun, namun bisa dipilih kembali hingga tiga kali masa jabatan. Baik secara terus menerus maupun terputus-putus. Pelaksanaan pemilihan kepala desa dilaksanakan secara serentak, seperti penyelengaraan pemilu, dengan biaya APBD.

Terkait dengan hal itu dalam waktu dekat pihaknya akan menyusun minimal dua raperda yang mengatur tetang desa. Yaitu perda tentang pemilihan kepala desa dan perda tata cara pengisian perangkat desa.

Menjawab keinginan Kepala Bappeda agar perlunya pengawasan pengelolaan keuangan desa, pihaknya berencana akan meninkatkan SDM kelembagaan desa. Pihaknya akan melakukan pendidikan dan pelatihan kepada anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Ketahanan Masyaraat Desa, serta lembaga desa lainnya. Masih berdasarkan UU 6/2014, tiap desa akan mendapat alokasi dana 10% dari APBN. Bila dihitung-hitung diperkirakan tiap desa mendapat kucuran dana sekitar Rp 700-800 juta.

Ditambahan oleh Kabag Pemerintahan Setda Kendrasmoko SSos MSi bahwa pihaknya telah megagendakan  pertemuan pimpinan SKPD dua kali setahun. Namun bila dirasa masih perlu, pihaknya akan mengagendakan pertemuan setiap bulan. Hal itu dimaksudkan untuk mempermudah koordinasi dan evaluasi, terutama dalam mengukur pencapaian kinerja.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bappeda Said Romadlon mengungkapkan bahwa prinsip perencanaan meliputi bersifat politis, teknokratis, partisipatif, serta bottom up dan top down. Bersifat politis karena diputuskan oleh Bupati dan DPRD yang dipilih secara politis. Teknokaratis dilaksanakan oleh SKPD terkait. Partisipatif berdasarkan masukan dari masyarakat melalui musrenbang. Bottom up dan top down, dengan memperhatikan arahan dari pemerintah pusat.

Dari Forum SKPD, kemudian dilaksanakan forum gabungan SKPD se kabupaten. Pada forum SKPD tersebut, usulan kegiatan berdasarkan usulan SKPD serta pokok-pokok pikiran dewan. Sehingga saat membahasa KUA PPAS, dewan sudah tidak mengusulkan kegiatan lagi. Melainkan fokus membahasa KUA PPAS.

Wakil Ketua DPRD Angko Setyarso Widodo mengaku, forum tersebut sangat membanggakan. Hal itu, karena pihaknya merasa dimanusiakan. Hal yang selama ini terjadi, karena sama-sama tidak mengerti, sehingga saat dibahas di dewan terjadi mis komunikasi.

Disisi lain ia menilai bahwa bupati selama ini gencar mensosialisaikan rencana pembangunan Purworejo menuju agrobisnis. Namun golnya itu seperti apa, sampai saat ini sudah sampai mana, belum bisa diketahui. “Dengan forum seperti ini, diharapkan bisa mengevaluasi dan mengukur keberhasilan yang telah dan yang akan dicapai,” katanya.

Pemutakhiran Terakhir (Kamis, 13 Maret 2014 10:42)

 

Tambah komentar

terima kasih


Security code
Refresh

Iklan