Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan DPRD Pemalang Belajar di Purworejo

DPRD Pemalang Belajar di Purworejo

DPRD Kabupaten Pemalang Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Purworejo diterima Bupati yang diwakili Asisten pemerintahan Drs Murwanto, hari ini Selasa (7/2) di ruang Otonom Setda. Hadir pula Kepala DPPKAD, Pimpinan BUMD, Kabid Koperasi DinKUKMP, dan Bagian perekonomian Setda. Dalam sambutannya Murwanto mengatakan, Purworejo merupakan daerah agraris, dengan sebagian besar penduduk Purworejo berprofesi sebagai petani. Meski tidak tergolong daerah miskin, sumber-sumber pendapatan asli daerah yang bisa digali belum terlalubanyak dan belum bisa diandalkan. Sehingga untuk membiayai pembangunan, Kabupaten Purworejo masih mengandalkan bantuan dana dari pusat dan pendapatan asli daerah yang sebagian besar berasal dari pajak dan retribusi daerah.

“Dengan sumber pembiayaan yang tidak terlalu besar itu, kami harus mengelolanya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan, untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Dan upaya kami itu tidak sia-sia, karena empat tahun terakhir ini, secara berturut-turut berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” jelasnya.

Murwanto menambahkan, terkait dengan BUMD telah di Perdakan yakni No.7/2015 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Purworejo pada Badan Usaha Milik Daerah. Sedangkan BUMD Kabupaten Purworejo terdiri dari PD BPR Bank Purworejo, PDAM Tirta Perwitasari, PD Aneka Usaha dan PD Graha Husada Medika.

“Keempat BUMD tersebut merupakan andalan Pemerintah Kabupaten Purworejo, yang diharapkan mampu menggali pendapatan asli daerah. Sehingga selain penyertaan modal, juga senantiasa dilakukan pembinaan dan koordinasi, serta terus mendorong produktivitas BUMD-BUMD tersebut. Seperti PDAU Aneka Usaha ini menyumbangkan PAD yang besar, dengan usahanya di perhotelan, restaurant, dll,” kata Murwanto.

Sementara itu Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pemalang Ujianto MR mengatakan, kunker ini diikuti 15 orang dari Komisi C DPRD Pemalang. Kunker ini dalam rangka menggali informasi terkait pemberdayaan usaha mikro dan penyertaan modal di Purworejo. “Sebagai referensi kami, dalam melaksanakan tugas di Komici C,” jelasnya.

Sedangkan sekilas tentang Pemalang memiliki luas 1.115,31 KM2 terdiri 14 kecamatan yang meliputi 211 desa dan 11 kelurahan. Jumlah penduduk mencapai 1.288.566 jiwa dengan jumlah 80 persennya bekerja pada sektor pertanian, dan selebihnya bekerja pada sector perdagangan dan sector industri. “Untuk anggota DPRD jumlahnya 50 orang terdiri Fraksi PDIP 15 orang, Fraksi Gerakan Indonesia Amanat 10 orang dari Gerindra dan PAN, fraksi golkar 7 orang, FPKB 7 orang, FPPP 6 orang, dan FPKS jumlahnya 5 orang.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 69 tamu online