Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Program KSWP di Launching

Program KSWP di Launching

Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) siap diterapkan di Kabupaten Purworejo yang ditandai dengan dilaunchingnya KSWP oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM.  Launching yang dihadiri Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II Rida Handanu tersebut, dilaksankan di kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Hadir pula Kepala KPP Pratama Purworejo Yoepidha Laksmijarta Soemantri, dan Kepala DPMPTSP Widyo Prayitno SH MH.

 

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, program KSWP merupakan pelaksanaan dari Instruksi Mendagri No.112/2016, sebagai wujud nyata dukungan terhadap Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi sebagaimana Instruksi Presiden No.7/2015. “Agar tidak mengganggu iklim investasi, maka proses konfirmasi ini dilakukan melalui sistem KSWP yang dapat diakses secara online oleh seluruh petugas di Kantor Perizinan Terpadu di seluruh Indonesia melalui internet. Kewajiban melaksanakan konfirmasi ini juga berlaku dalam ruang lingkup proses perizinan yang dikeluarkan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Purworejo,” papar Bupati.

Menurutnya, program KSWP merupakan upaya pemerintah untuk memperkuat administrasi perpajakan serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Pelaksanaan program KSWP dapat menjadi salah satu indikator kepatuhan masyarakat dan pengusaha Kabupaten Purworejo dalam kewajiban menunaikan pajak. Program KSWP merupakan pengecekan status wajib pajak oleh Pemerintah Daerah sebelum memberikan layanan perijinan tertentu. Dalam program tersebut, wajib pajak akan dicek kebenaran status dan kepatuhannya.

Bupati menambahkan, kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak memang sangat penting, karena pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan yang cukup dominan. Sehingga tidak berlebihan bila dikatakan bahwa kelancaran pembangunan akan ditentukan seberapa besar penerimaan pajak yang diperoleh Pemerintah, di sisi lain juga ditentukan oleh seberapa besar kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak.

Sementara itu Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak Jateng II Rida Handanu mengatakan, program ini merupakan program kerjasama antara KPP Pratama sebagai kepanjangan tangan Kanwil DJP dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Purworejo. Sampai saat ini penerimaan pajak baru mencapai 30% dari target sebesar Rp 11,4 triliun. “Dengan adanya KSWP ini, nantinya setiap badan usaha maupun perorangan yang ingin membuka usaha akan bisa langsung di screening, apakah nomor pokok wajib pajak sesuai atau tidak khusus dengan menggunakan program KSWP.

“Artinya ada beberapa perijinan kami titipkan ke Pemkab untuk dicek, kalau sudah ada NPWP ditanya NPWP apakan benar atau belum, sesuai atau tidak. Jika sudah benar maka dicek wajib pajak yang patuh atau tidak. Jika wajib pajak yang patuh dan semua sudah ok maka perijinan baru dapat dikeluarkan,” ungkap Rida Handanu.

Disamping itu, program KSWP diproyeksikan dapat membantu perolehan target pajak. Dijelaskan tahun 2017 ini target penerimanaan pajak adalah Rp 1.495 triliun dari jumlah itu mampu memberikan kontribusi 74,7% dari APBN 2017.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 93 tamu online