Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Stiker Angkutan Lebaran Dipasang, Bus Laik Jalan

Stiker Angkutan Lebaran Dipasang, Bus Laik Jalan

Dalam rangka mengantisipasi kesiapan menghadapi arus mudik dan arus balik selama lebaran 2017, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM meninjau sejumlah Perusahaan Otobus (PO), Rabu (14/6). Puluhan bus di pool Bus Perum Damri Kecamatan Bayan dan garasi PO Bus Sumber Alam di Kutoarjo diuji kelaikannya. Bus-bus yang dinyatakan laik jalan ditandai dengan pemasangan stiker di bagian kacanya.

Ikut mendampingi, Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Kapolres Purworejo AKBP Satrio Wibowo SIK, Kasdim 0708/Purworejo Mayor Inf Sulistiyo dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo.

“Semua bus yang dipasangi stiker itu merupakan bus yang laik jalan, mudah-mudahan seluruh masyarakat bisa terlayani. Kami ingin memastikan kesiapan seluruh armada yang akan dioperasikan pada H-10 hingga H+15.

Bupati menjelaskan, seluruh angkutan di Purworejo telah sangat siap dalam melayani masyarakat. Hingga saat ini, pihaknya belum menemukan bus yang tidak laik jalan. Seluruh komponen keselamatan terpenuhi begitupun dengan fungsi panel-panel di kendaraan pengangkut lebaran.

“Saya lihat semua bus sudah laik jalan. Mudah-mudahan Perusahaan Otobus yang ada dapat melayani konsumen dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Bupati berharap kedepan pengelola maupun pemilik PO bisa lebih meningkatkan pelayanan. Salah satunya dengan memperbaiki fasilitas perusahaan, dan jika memungkinkan memperbaharui armadanya. Dengan begitu diharapkan masyarakat bisa lebih nyaman selama diperjalanan dalam melakukan mudik lebaran.

“Kedepan saya harapkan Perusahaan Otobus dapat meningkatkan pelayanannya dengan memperbaharui armadanya. Jangan armada-armada kuno yang dioperasikan. Tetapi armada yang baru demi kenyamanan konsumen,” ujarnya.

Sugeng SE MSi, selaku Area Manager Perum Damri Regional II Semarang menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan armada reguler sebanyak 146 unit. Untuk Purworejo armada regular sebanyak 18 unit. Sedangkan sebagai cadangan, telah disipkan bus non regular yang berasal dari cabang-cabang lain sejumlah 50 unit. Jadi jumlah total yang siap dioperasikan sejumlah 68 unit.

“Untuk 18 unit bus yang ada di Purworejo sudah lolos uji kelayakan. Selain diuji oleh pemerintah daerah, dinas Perhubungan juga melakukan pengecekan. Temuan-temuan terkait kelayakan sudah kami benahi semua,” jelas Sugeng.

Sementara itu, Perwakilan PT Sumber Alam Ekspres Kutoarjo, Agus Setiadi, menjelaskan pihaknya akan mengerahkan seluruh armada bus yang dimiliki guna memenuhi kebutuhan masyarakat Purworejo khususnya dan masyarakat sekitar Purworejo pada umumnya. PT Sumber Alam Express telah menyiapkan sebanyak 568 armada yang akan siap beroperasi selama 24 jam.

“Dari 568 armada yang ada itu diantaranya, Bus AKAP berjumlah 221 unit, Bus AKDP berjumlah 93 bus unit, Bus Pariwisata berjumlah 61 unit, Shutle AJAP berjumlah 132 unit dan Shutle AJDP berjumlah 55 unit. Semua kami siapkan 24 jam nonstop,” katanya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 118 tamu online