Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Bupati Beri Tali Asih Penjaga Perlintasan Kereta Api

Bupati Beri Tali Asih Penjaga Perlintasan Kereta Api

Sebanyak 22 petugas penjaga perlintasan kereta api menerima tali asih dari Pemkab Purworejo. Tali asih diserahkan secara simbolis oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH di perlintasan kereta api Desa Tegalkuning Kecamatan Banyuurip, Rabu (14/6).

Ikut mendampingi Direktur PD Bank Purworejo Wahyu Argono Irawanto SE MM dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo Drs Agus Budi Supriyanto MSi.

Tali asih yang diberikan berupa bingkisan dan sejumlah uang. Para petugas penerima tali asih merupakan Pekerja Harian Lepas (PHL) yang bertugas di Desa Krendetan Bagelen, Tegalkuning Banyuurip, Bayem Kutoarjo, Andong Butuh dan underpass Besole Bayan.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengingatkan kepada para petugas agar tidak tidur saat berjaga malam. Mereka juga dituntut untuk menjaga agar pengguna jalan mematuhi aturan berkendara ketika palang pengaman ditutup.

“Saya minta penjaga perlintasan konsisten, jangan tidur dan harus selalu waspada. Kalau ada pergantian shif tidak bisa hadir, harus koordinasi dengan petugas lain. Selalu dengarkan alarm tanda kereta datang. Jika terjadi gangguan pada pintu perlintasan, petugas harus siap untuk mengamankan lalu lintas kendaraan yang akan melewati perlintasan kereta api,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, petugas penjaga perlintasan kereta api juga memiliki peran penting dalam menjaga keselamatan masyarakat. Apalagi dalam waktu dekat ada perayaan Idul Fitri yang berimbas pada meningkatnya arus lalu lintas.

Namun Bupati juga mengakui bahwa beban kerja penjaga perlintasan kereta api semakin berat menjelang lebaran. Padahal upah yang mereka terima dibawah upah minimum kabupaten (UMK). Saat ini, penjaga perlintasan mendapat honor Rp 650.000 perbulan.

“Nanti kita akan melihat apakah anggaran kita mencukupi untuk memberikan tambahan honor. Karena Pekerja Harian Lepas tentu akan menjadi perhatian kita. Kita juga tidak ingin mereka mendapatkan honor dibawah UMR. Paling tidak kedepan akan kita usahakan sama dengan UMR, agar didalam melaksanakan tugasnya lebih bersemangat,” terangnya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id