Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Pengajian Bukan Untuk Kampanye

Pengajian Bukan Untuk Kampanye

Mendekati akan diselenggarakannya Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, situasi politik mulai meningkat. Peran masyarakat sangat penting dalam kesuksesan Pemilu, selain sebagai pemilih juga turut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu. Masyarakat jangan ragu untuk melaporkan pelanggaran yang terjadi pada Pemilu. Termasuk banyak yang menanyakan tentang boleh tidaknya kampanye dalam pengajian. Tentu sangat tidak dibolehkan apalagi di Masjid atau di Mushola, karena merupakan tempat ibadah.

 

Hal tersebut ditegaskan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Purworejo Anik Ratnawati SPd selaku Koordinator Divisi Pencegahan dan hubungan lembaga, saat menjawab pertanyaan dari sekretaris TP PKK kabupaten Ny Maini Widarto, pada kegiatan sosilaisasi partisipatif TP PKK dalam pemilu gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Aula Kantor PKK kabupaten Purworejo tersebut, dibuka Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Ny Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE yang didampingi Ny Muh Wuryanto.

Lebih lanjut Anik Ratnawati mengatakan, pengajian tidak boleh digunakan untuk kampanye apalagi di dalam Masjid dan Musholla. Karena Masjid dan Musholla merupakan tempat ibadah yang dalam aturannya tidak diperbolehkan untuk aktifitas kampanye. “Jika ada yang melakukan itu berarti sudah masuk pelanggaran. Sehingga bisa dilaporkan kepada Panwas kecamatan atau Panwas kabupaten,” jelasnya.

Menurutnya, partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam pengawan Pemilu baik pada pemilihan gubernur wakil gubernur pada 2018, presiden wakil presiden, maupun pemilihan DPR, DPD, DPRD pada 2019 mendatang. “Untuk melaporkan bisa dengan cara difoto, juga bisa langsung sms, bisa whatsapp, bisa juga telpon. Dengan menghubungi panwas kecamatan terdekat, sehingga Panwas akan langsung mendatangai lokasi,” ujar Anik.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Ny Fatimah Verena Prihastyari dalam sambutannya mengajak pengurus PKK baik kabupaten kecamatan desa kelurahan dapat ikut serta mengawasi pelaksanaan Pemilu 2018 dan 2019. “Karena kita sebagai PKK juga memiliki peran yang strategis dalam berpartisipasi untuk kesuksesan Pemilu. Tentu suksesnya pemilu tidak hanya tanggungjawab KPU dan Panwas, namun juga peran masyarakat sangat dibutuhkan termasuk PKK,” tuturnya.

Ny Maini menjelaskan pelaksanaan sosialisasi yang diselenggarakan TP PKK kabupaten ini bertujuan untuk memberi pemahaman dan wawasan tentang peranserta PKK dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu. Sedangkan peserta yang diundang sebanyak 100 pengurus PKK kecamatan dan perwakilan desa dan kelurahan. “Termasuk dihadirkan juga 16 istri camat, selaku Ketua TP PKK kecamatan,” katanya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 25 tamu online