Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Beri Insentif Guru Ngaji, Pemkab Anggarkan Milyaran Rupiah

Beri Insentif Guru Ngaji, Pemkab Anggarkan Milyaran Rupiah

Tahun 2018, Pemkab Purworejo menganggarkan milayaran rupiah guna memberikan insentif kepada 2.980 orang guru ngaji se Kabupaten Purworejo. Bantuan diserahkan secara simbolis dengan penyerahan buku tabungan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM kepada Guru ngaji, saat kegiatan Rapat Koordinasi Pemda, Kantor Kemenag dan Guru ngaji Kabupaten Purworejo, Senin (8/1), di Pendopo Kabupaten Purworejo.

Hadir dalam rakor, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo, Asisten III Sekda, Direktur Bank Jateng Cab Purworejo, para Alim ulama se Kabupaten Purworejo, dan para ustadz atau guru ngaji se Kabupaten Purworejo.

Bupati Agus Bastian dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberian insentif tersebut merupakan wujud ungkapan terimakasih Pemda kepada para Guru Ngaji, atas apresiasi dedikasi dan pengabdiannya yang tanpa pamrih dalam mendidik generasi Islami. Dia berharap di masa-masa mendatang, bantuan yang diberikan bisa terus meningkat.

“Saya berharap insentif ini tidak sekedar dilihat dari nominalnya, karena pengabdian yang telah dilakukan para Guru Ngaji tidak bisa dinilai dengan materi, berapapun besarnya,” katanya.

Menurutnya, tidak diragukan lagi bahwa guru ngaji merupakan diantara orang yang paling mempunyai rukhul jihad (semangat berjuang) dalam mengaplikasikan firman Allah. Guru ngaji merupakan profesi yang luhur dan sangat berjasa dalam melestarikan ayat-ayat Allah serta membangun akhlaqul karimah.

Ditambahkan, guru ngaji hakikatnya mengemban misi agung dalam menjaga eksistensi Al Qur’an sebagai kitab suci umat Islam. Al Qur’an menempati posisi penting dalam membimbing umat manusia pada kehidupan yang lebih baik.

Maka, lanjutnya, profesi mengajar Al Qur’an tidak mengenal istilah tidak relevan. Sebab pada era apapun, guru ngaji merupakan profesi yang mulia. Guru ngaji mempunyai kontribusi yang besar dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an sekaligus membina akhlak generasi anak bangsa.

“Saya berharap melalui rakor ini bisa menjadi wahana bertukar informasi dan pengalaman mengenai berbagai hal, termasuk persoalan dan kendala yang dihadapi para Guru Ngaji. Sehingga ke depan eksistensi Guru Ngaji akan semakin kokoh dalam turut membangun sumberdaya manusia yang Islami.

Kabag Kesra Setda Purworejo Drs Bambang Sadyo Hastono dalam laporannya menerangkan, pada anggaran perubahan tahun 2017 dana bantuan hibah insentif Guru ngaji senilai Rp. 927.000.000,- telah dihibahkan kepada 2.409 Guru ngaji ke rekening masing-masing. Masing-masing Guru ngaji setelah dipotong PPH Perorangan, menerima Rp. 352.500 per 3 bulan sekali.

Sedangkan, untuk tahun 2018, telah teranggarkan sejumlah Rp. 4.470.000.000,- bagi 2.980 orang Guru ngaji. Yang terdiri dari Guru ngaji Ponpes, Guru ngaji Madrasah Diniyah, Guru ngaji TPQ dan Guru ngaji Ta’lim se Kabupaten Purworejo.

“Bantuan tersebut akan diberikan setiap catur wulan atau empat bulan sekali, melalui Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo selaku pelaksana,” terangnya.

Pada kesempatan itu, juga diberikan santunan dana dari UPZ BAZNAS Setda Kabupaten Purworejo sebesar Rp. 31.500.000,-, yang diberikan kepada 63 orang kaum duafa dan anak yatim.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 29 tamu online