Get Adobe Flash player
Home News Seputar Pemerintahan Pemkab Bagikan Kontingensi Perlengkapan Jalan

Pemkab Bagikan Kontingensi Perlengkapan Jalan

Guna meningkatkan keselamatan lalu lintas utamanya bagi pejalan kaki, Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Purworejo membagikan kontingensi perlengkapan jalan bagi sekolah dan sejumlah lembaga serta instansi, Selasa (9/1). Bantuan diberikan secara simbolis oleh Sekda Kabupaten Purworejo Drs Said Romadhon, saat apel luar biasa di halaman Kantor Dinhub Kabupaten Purworejo.

Bantuan yang diberikan berupa traffic cone sejumlah 200 buah dan rompi keselamatan sejumlah 50 buah. Kedua alat tersebut akan digunakan di 17 lokasi sekolah negeri dan swasta, 2 lokasi instansi pemerintah dan 1 lokasi lembaga kemasyarakatan. Sedangkan senter lalu lintas sejumlah 100 buah akan diberikan kepada petugas PJU, perlintasan dan underpass pada Dinhub Kabupaten Purworejo.

Said Romadhon saat memberikan arahannya mengatakan bahwa Kabupaten Purworejo memang letaknya dipersimpangan lalu lintas yang sangat ramai. Selain itu juga dengan adanya perlintasan double track, nantinya setiap 6 menit akan ada kereta api yang melintas. Padahal di Purworejo ada 14 perlintasan kereta api, yang tentunya akan menyebabkan jalan semakin padat.

Selain itu, lanjutnya, pertambahan jumlah kendaraan juga terus mengalami peningkatan yang luar biasa. Menurut indeks di Purworejo, setiap 4 orang memiliki satu motor bahkan menjelang 3 orang satu motor. “Ini luar biasa. Hampir tidak ada rumah yang tidak ada motornya. Belum lagi kepemilikan mobil, bahkan ada yang satu rumah memiliki dua mobil,” ujarnya.

Sedangkan faktanya, panjang jalan dengan panjang kendaraan lebih panjang kendaraanya. Jadi menurutnya, kemacetan merupakan hal yang tidak bisa dihindari lagi. “Kalau macet jangan menggerutu. Ini resiko besar apabila kita tidak mémanage dengan baik,” imbuhnya.

Yang lebih memprihatinkan lagi, menurut statistik, jumlah korban kecelakaan sudah lebih besar daripada jumlah korban perang dengan senjata modern.

Untuk itu, menurutnya ada beberapa yang harus diperhatikan dalam berlalu lintas. Yakni, pertama dalam berlalu lintas kendaraan harus berkeselamatan, rem dll harus berfungsi. Kedua, jalan harus berkeselamatan, salah satunya pemanfaatan traffic cone sebagai rambu dijalan. Ketiga, manusianya harus berkeselamatan, artinya harus sadar berlalu lintas.

“Mari kita berhati-hati bersama, waspada bersama, selamat bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinhub Kabupaten Purworejo Drs Agus Budi Supriyanto MSi menjelaskan bahwa bantuan kontingensi perlengkapan jalan tersebut merupakan bantuan dari Direktorat Pembinaan Keselamatan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan tahun anggaran 2017.

Dikatakan, bantuan akan digunakan dilokasi yang dianggap rawan terjadi kecelakaan. Seperti sekolah yang siswanya banyak menyeberang jalan saat berangkat dan pulang sekolah.

“Dengan adanya bantuan kontingensi perlengkapan jalan ini diharapkan dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas, utamanya bagi para penyeberang jalan,” katanya.

 

Tambah komentar

Berikan komentar Anda dengan santun dan membangun...Terima kasih


Security code
Refresh

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


Yang Online

Ada 26 tamu online