Get Adobe Flash player

Instansi Eksternal

dwp-purworejo.org

kwarcabpurworejo.org

pa-purworejo.go.id

pn-purworejo.go.id

indonesia.go.id

bappenas.go.id

Alamat dan Telepon

Daftar Telpon Penting
(Kode telpon 0275) Purworejo
PEMDA 321012
POLRES 110
RSUD 321118
PLN 321043
Telkom 162
PDAM 321050
PMI
321348
PEMADAM
324218/324219
SATLAK PBA
323850
POS
161
Home News Serba serbi Penggunaan Logo Koperasi Baru, Inkonstitusional

Penggunaan Logo Koperasi Baru, Inkonstitusional

Penggantian logo/lambang koperasi dinilai inkonstitusional. Karena penggantiannya hanya berdasarkan rapat kerja pimpinan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin). Berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) mestinya penggantian logo koperasi melalui musyawarah nasional (munas).

 

Penilaian tersebut disampaikan ketua Dekopinda Kabupaten Purworejo H Imam Abu Yusuf SH, disela-sela rapat pembentukan panitia peringatan Hari Koperasi ke 65 Kabupaten Purworejo, Kamis (7/6) di gedung Dekopinda Jl Kyai Brengkel.

Dikemukakan oleh Imam Abu Yusuf yang juga pengurus Dekopinwil Jawa Tengah, bahwa upaya penggantian logo koperasi terjadi adanya tawar menawar antara ketua Dekopin Nurdin Halid dengan Menteri Koperasi Syarif Hasan. Hal ini bisa terjadi karena tahun-tahun sebelumnya pemerintah selalu mengalokasikan dana untuk Dekopin. Namun karena dinilai penggunaannya tidak jelas, sehingga tahun lalu pemerintah tidak lagi mengucurkan dana ke Dekopin.

Yang dipermasalahkan dalam logo koperasi terdahulu, hanya karena didominasi gambar pohon beringin, yang identik dengan salah satu lambang parpol. “Saya beranggapan ini inkostitusional, karena pergantian logo hanya berdasarkan rapat kerja pimpinan. Padahal berdasarkan AD/ART, pergantian logo harus berdasarkan munas. Apalagi upaya pergantian oleh ketua Dekopin Nurdin Halid yang juga inkostitusional. Berdasarkan AD/ART, ketua bisa menjabat paling lama dua kali masa jabatan, sementara Nurdin Halid sudah berkali-kali,” tegasnya.

Ia mengakui, hal ini sebagai bentuk amburadulnya aturan di pemerintah pusat. Amburadulnya pelaksanan peraturan di pusat semakin nyata, ketika beberapa keputusan dibatalkan karena kalah di peradilan. Ia mencontohkan beberapa keputusan pemerintah kalah dipersidangan setelah digugat Yusril Ihza Mahendra. Untuk itu pada peringatan Hari Koperasi ke 65, seluruh gerakan koperasi di Kabupaten Purworejo sepakat masih menggunakan loga lama.

Ditambahkan oleh Sekretaris Dekopinda, Nurhadi Trionggo SH, bahwa untuk keperluan peringatan Hari Koperasi ke 65, pihak Dekopinda perlu membentuk kepanitiaan. Direncanakan berbagai kegiatan akan dilaksanakan, seperti olah raga, pasar rakyat, bakti sosial, donor darah dan puncaknya upacara. Untuk penyelenggaraan pasar rakyat, pihaknya telah mengajukan proposal ke Kementrian Koperasi dan UKM untuk mendapatkan bantuan pendanaan. Direncanakan dalm malam tasyakuran, akan diselenggarakan pentas budaya. “Ini harinya gerakan koperasi, sehingga kalau kita tidak memperingati, siapa lagi yang akan memperingati” katanya.

 

Komentar  

 
0 #3 asmayadi 2012-07-09 20:12
kita batalkan aja kalau begitu pakai aja dulu yang lama.
Quote
 
 
+1 #2 anachichi 2012-06-15 16:07
http://www.purworejokab.go.id/components/com_jcomments/images/smiles/wink.gif :oops: :-* :eek:
ooo baru tahu.... thanks infonya
Quote
 
 
+1 #1 Yadi Permana. M.Si. 2012-06-15 12:42
that's Indonesia
always use the bad politically :(
Quote
 

Tambah komentar


Security code
Refresh

Iklan

SIM-SIM Internal

SIM Perencanaan Pembangunan

sippd.purworejokab.go.id