Get Adobe Flash player

Instansi Eksternal

dwp-purworejo.org

kwarcabpurworejo.org

pa-purworejo.go.id

pn-purworejo.go.id

indonesia.go.id

bappenas.go.id

Alamat dan Telepon

Daftar Telpon Penting
(Kode telpon 0275) Purworejo
PEMDA 321012
POLRES 110
RSUD 321118
PLN 321043
Telkom 162
PDAM 321050
PMI
321348
PEMADAM
324218/324219
SATLAK PBA
323850
POS
161
Home News Serba serbi PKK Selenggarakan Sosialisasi Bela Negara

PKK Selenggarakan Sosialisasi Bela Negara

Dalam rangka memupuk semangat persatuan dan kesatuan, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Purworejo Pokja I menyelengggarakan kegiatan sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara (PKBN). Sosialisasi yang diikuti 48 peserta, dibuka Ny Sri Yuni Astuti Tri Handoyo didampingi Ny Suhar, Ny Hartiti Soekoso, dan narasumber Dra Titik Mintarsih MSi serta Soekoso DM SPd.

Wakil Ketua TP PKK Ny Sri Yuni Astuti Tri Handoyo mengatakan situasi yang berkembang akhir-akhir ini, menuntut adanya usaha sungguh-sungguh untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya bela negara, agar memiliki jiwa dan semangat nasionalisme, sebagai bangsa Indonesia. Hal itu mengingat seringnya terjadi konflik atau sengketa antar masyarakat yang disebabkan oleh berbagai hal yang kadang tidak mendasar. “Jika dibiarkan berkembang, akan mengancam persatuan dan kesatuan,” katanya saat membuka sosialisasi PKBN, di aula PKK Kabupaten Purworejo , beberapa waktu lalu.

Dikatakan, ada sesuatu yang hampir hilang dari kehidupan berbangsa dan bernegara kita, yakni bahwa negara kita memiliki semboyan yang sangat mulia maknanya yaitu Bhineka Tunggal Ika. “Maka kemudian PKK turutserta mengambil peran dalam hal ini, karena dalam 10 program pokok PKK terdapat program penghayatan dan pengamalan Pancasila,” paparnya.

Lebih lanjut Ny Tri berharap agar setelah mendapatkan pembekalan materi, peserta dapat mensosialisasikan diwilayah masing-masing dari mulai tingkat PKK Dawis hingga Kelurahan. Disamping itu, masyarakat agar segera melaporkan kepada yang berwajib, apabila dilapangan terdapat hal-hal yang dimungkinkan akan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat atau mengancam persatuan dan kesatuan.

Soekoso SPd selaku narasumber mengingatkan, agar di rumah dipasang gambar Garuda Pancasila dan Presiden-Wakil Presiden. Selain itu juga perlunya memperhatikan cara yang benar dalam memasang bendera merah putih. Bahwa pemasangan bendera harus berdiri sendiri, tidak boleh diikatkan pada pagar atau pohon. Sedang Dra.Titik Mintarsih MSi menyampaikan materi tentang membentuk karakter generasi bangsa melalui kegiatan gerakan Pramuka.

Sementara itu Ketua penyelenggara Sugondo mengatakan tujuan kegiatan sosialisasi PKBN, untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang PKBN kepada masyarakat lewat TP PKK Kecamatan, PKK desa/Kelurahan, PKK Dawis, dan akhirnya sampai ke masyarakat. Sedangkan peserta berasal dari  pengurus PKK kecamatan dan kabupaten.

 

Tambah komentar


Security code
Refresh

Iklan

SIM-SIM Internal

SIM Perencanaan Pembangunan

sippd.purworejokab.go.id