Get Adobe Flash player

Instansi Eksternal

dwp-purworejo.org

kwarcabpurworejo.org

pa-purworejo.go.id

pn-purworejo.go.id

indonesia.go.id

bappenas.go.id

Alamat dan Telepon

Daftar Telpon Penting
(Kode telpon 0275) Purworejo
PEMDA 321012
POLRES 110
RSUD 321118
PLN 321043
Telkom 162
PDAM 321050
PMI
321348
PEMADAM
324218/324219
SATLAK PBA
323850
POS
161
Home News Serba serbi Badan POM Keluarkan Public Warning

Badan POM Keluarkan Public Warning

          Menindaklanjuti hasil pengawasan terhadap kemasan makanan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) mengeluarkan peringatan kepada publik (public warning). Dalam siaran persnya tertanggal 14 Juli 2009, Badan POM memberikan peringatan tentang bahaya  kemasan kantong plastik kresek dan styrofoam.
            Disebutkan bahwa kantong plastik kresek berwarna terutama hitam, kebanyakan merupakan produk dur ulang yang sering digunakan untuk mewadahi makanan. Dalam proses daur ulang tersebut, riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat dan sebagainya.
           Dalam proses tersebut juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan. Oleh karena itu, dihimbau agar jangan menggunakan kantong plastik kresek daur ulang, untuk mewadahi langsung makanan siap santap.
Sementara mengenai styrofoam, dijelaskan bahwa sebenarnya styrofoam nerupakan merk dagang pabrik Dow Chemicals dari foamed polystyrene atau expandable polystyrene (EPS). Residu monomer stiren yang tidak ikut bereaksi, dapat terlepas ke dalam makanan yang berminyak/berlemak atau mengandung alkohol, terlebih dalam keadaan panas.
            Sejauh ini tidak ada satu negarapun di dunia yang melarang penggunaan styrofoam atas dasar pertimbangan kesehatan. Kebijakan pelarangan disejumlah negara, berkaitan dengan masalah pencemaran lingkungan.
 

Tambah komentar


Security code
Refresh

Iklan

SIM-SIM Internal

SIM Perencanaan Pembangunan

sippd.purworejokab.go.id