Get Adobe Flash player

Instansi Eksternal

dwp-purworejo.org

kwarcabpurworejo.org

pa-purworejo.go.id

pn-purworejo.go.id

indonesia.go.id

bappenas.go.id

Alamat dan Telepon

Daftar Telpon Penting
(Kode telpon 0275) Purworejo
PEMDA 321012
POLRES 110
RSUD 321118
PLN 321043
Telkom 162
PDAM 321050
PMI
321348
PEMADAM
324218/324219
SATLAK PBA
323850
POS
161
Home Pariwisata Wisata Budaya

Wisata Budaya

Tari Dolalak

PRIMADONA TARI TRADISIONAL DARI PURWOREJO

Kesenian tari Dolalak merupakan sabuah tarian rakyat yang menjadi primadona tari tradisional di Purworejo. Tarian yang sudah eksis sejak sekitar 85 tahunan ini telah merebak hampir di setiap desa di wilayah Purworejo.

Sejarah terciptanya tarian Dolalak yang menjadikan tarian khas dari Purworejo ini konon bermula dari peniruan oleh beberapa pengembala terhadap gerakan tarian dansa serdadu Belanda. Penamaan Dolalak diambil dari dari dominannya notasi nada do – la – la yang dinyanyikan serdadu Belanda untuk tarian dansa mereka.

Ketika pertama kali tercipta, tarian Dolalak tidak diiringi dengan peralatan instrumen musik, namun menggunakan nyanyian yang dilagukan oleh para pengiringnya. Lagu-lagu yang dicipta biasanya bernuansa romantis bahkan ada yang erotis. Nyanyian tersebut dinyanyikan silih berganti atau terkadang secara koor bersama.

Dalam perkembangannya, iringan musik tarian Dolalak menggunakan instrumen musik jidur, terbang, kecer, dan kendang. Sedang untuk iringan nyanyian menggunakan syair-syair dan pantun berisi tuntunan dan nasehat. Isi syair dan pantun yang diciptakan, campuran dari Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia sederhana.

Untuk kostum penari Dolalak, mengenakan layaknya pakaian serdadu Belanda, pakaian lengan panjang hitam dengan pangkat di pundaknya, mengenakan topi pet,dan berkacamata hitam.

Yang unik dan paling menarik dari tari Dolalak adalah ketika penari memasuki tahap tarian trance ( kemasukan roh halus ). Saat penari mengalami trance yang ditandai dengan mengenakannya kaca mata hitam, penari akan mampu menari berjam-jam tanpa henti. Selain itu gerak tariannya pun berubah menjadi lebih

energik dan mempesona. Kesadaran penari akan pulih kembali setelah sang dukun “ mencabut “ roh dari tubuh sang penari.

Tarian Dolalak, semula ditarikan oleh para penari pria. Namun dalam perkembangannya, tahun 1976 Dolalak ditarikan oleh penari wanita. Dan hampir setiap grup Dolalak di Purworejo, kini semua penarinya adalah wanita. Jarang sekali sekarang ini ditemui ada grup Dolalak dengan penari pria.

BUSANA BAGELENAN SEBAGAI SALAH SATU CIRI JATIDIRI PURWOREJO

Bagelen

Oleh : Tim Perancang Busana Bagelenan

Setelah berlangsung lebih dari 10 tahun, Team Perancang Busana Bagelen, yang terdiri dari : Masduqi Simor, SH (Dinas KPI),selaku Ketua,  Drs Basuki Budi Rahardjo (SubDin Kebudayaan), selaku Sekretaris dan beranggotakan, Drs. R Istiharto (budayawan), Drs, Mangkutrisno (Sejarahwan), Radix Penadi (Sejarahwan), Soekoso DM, BA (budayawan), Sardiatmoko (budayawan), Oteng Suherman (budayawan), Wasito Adi, BA (budayawan) dan Drs, Eko Riyanto (sejarahwan), melalui metoda : study literatur, study lisan atau interview dan study pengamatan peninggalan sejarah, telah berhasil menciptakan Rancangan Busana Bagelenan sebagai salah satu ciri jatidiri Kota Purworejo.

Busana Bagelenan memiliki sifat-sifat yang terkandung dalam Prasasti Kayu Ara Hiwang yang mencerminkan : Masyarakat Relijius, Toleran, Prihatin dan  Temen Tumemen, Membangun, Gotong Royong, Setia dan Perwira/Ksatria.

Bagian dari Busana Bagelenen meliputi : (a) Bagian Penutup Kepala (b) Bagian Penutup Badan (c) Asesoris.

Bagian Penutup Kepala disepakati berupa DESTAR atau IKAT KEPALA dari Kain Batik  dengan ciri sebagai berikut : (a) Mempunyai KUNCUNG di bagian depan (b) Mempunyai Wiron Sederhana (c) Mempunyai Jebehan (ujung destar) (d) Memakai Bros (bila mungkin).

Dasar dari pembuatan KUNCUNG adalah : (a) Gambar Relief di Candi Borobudur dan Prambanan (b) Gambar atau Foto busana akhir abad 19 (c) Gambar Bupati Purworejo RM Soegeng Cokronegoro IV dan (d) Gambar atau Foto orang-orang jaman akhir abad 19 dan awal abad 20.

Bagian Penutup Badan terdiri : (a) Penutup Badan Bagian Atas atau Baju atau Sikepan, terdiri dari 1. ATELA LANDHUNG atau PANJANG 2. ATELA KROWAKAN KERIS  (b) Penutup Badan Bagian Bawah : Celana, Kain Batik, Pengikat Kain (c) Alas Kaki

Asesoris dalam Busana Bagelenan terdiri dari : (a) Kalung Ulur-ulur atau Karet (b) Rantai Jam Bandul (c) Bross Kalung (d) Bross Destar (e) Insight Lambang Kabupaten Purworejo

bagelen bagelen2

bagelen3

Busana Bagelenan bagi Putri (perempuan) tidak jauh berbeda dengan model busana kebaya biasa, ada yang tanpa Kutu Baru (bef) atau ada pula yang memakai Kutu Baru (bef), disamping kebaya yang landhung (panjang) maupun pendek, atau bahkan busana Bagelenan Muslim Biasa.
bagelen4

bagelen5
Demikianlah Busana Bagelenan yang merupakan ciri Jatidiri Kabupaten Purworejo baik bagi kaum lelaki tua dan muda serta bagi kaum wanita.
Ilustrasi gambar oleh : OTENG SUHERMANDikutip dari buku panduan Busana Bagelenan Larung Sesaji di Sungai Brantas
 

Komentar  

 
+1 #9 obat untuk diabetes 2013-01-04 11:09
terimakasih atas informasinya...
Quote
 
 
+1 #8 nurokhim muklas 2012-10-31 18:10
saya ingin sekali revitalisasi museum tosan aji selesai dengan sangat baik untuk wisata pendidikan
Quote
 
 
+1 #7 Basuki 2012-06-06 12:48
Untuk kemajuan pariwisata kab purworejo, harus menampilkan foto wisata alam yang menarik sehingga semua khayalak yang membuka internet ingin melihat langsung keindahan dan kebersihannya jangan lupa bapak/ibu yang mengurus pariwisata terutama pada saat liburan/ hari idul fitri, selamat berkarya Dinas Pariwisata :-http://www.purworejokab.go.id/components/com_jcomments/images/smiles/smile.gif)
Quote
 
 
+1 #6 takat 2012-02-27 15:07
aku minta saran agar di tambah informasi dari kegiatan kegiatan di setiap sekolahan dipurworejo
Quote
 
 
-1 #5 iriel 2012-01-31 08:19
http://revienspurworejo.com/ ini mediane cah purworejo di Jakarta
Quote
 
 
-2 #4 iqbal 2011-12-22 10:03
Tolong pak/bu, supaya diberi halaman khusus dalam perkembangan Java Promo di Kabupaten Purworejo ini. .Informasi, banyaknya pendapatan asli daerah dari berbagai spot wisata, dan lain2

tambahan juga, untuk info mengenai tempat wisata yang ada di halaman ini, diperinci informasinya. .diberi rute dan akses transportasi bagi wisatawan.

Terimakasih sebelumnya, semoga pelayanan Kabupaten Purworejo semakin baik
Quote
 
 
-2 #3 isma 2011-11-05 19:30
mohon maaf sebelumnya kalo mungkin komen ini sedikit mennyinggung...sama sekalitidak ada maksud apapun. cuma rasa penasaran dan keingintauhan saja.
sudah adakah yang mengadakan penelitian atau study teantang tarian ndolalak ini.
karena saya pernah juga menjumpai adanya tarian ini di beberapa tempat di kabupaten lain.
mohon penjelasannya terima kasih.
Quote
 
 
0 #2 andriyan 2011-10-25 21:13
saya cuma mau kasih saran aja... kalu bisa di kasih film dokumenter dari purworejo ga cm foto thok. pengumuman tentang event seperti ada karnaval, band,atau cara budidaya etawa duren dan manggisnya. dan lebih menarik lagi jika phos coment di tampilkan di homepage, trus di kasih animasi kambing etawa, duren dan kambing sbagai link iconnya. penari dolalak berupa animasi 3d di letakan di hompage juga atau membuat link chat@edu kusus para guru atau pelajar. l;ebih keren lagi penarinya sebagai 3D moderator dalam chat@edunya... kalu ga animasi anak pramuka sebagai avatarnya saat melakukan chat...
Quote
 
 
+1 #1 Rodolfo H Aparicio 2011-09-27 09:36
Nama saya Rodolfo Aparicio orang timor leste ,tolong kalo ada yang baca please deh kirimkan alamat tari Dolalak .dan kebetulan Malania adalah teman saya namun udah lama aku tidak ketemu .I am Miss Her.
Quote
 

Tambah komentar


Security code
Refresh

Iklan

SIM-SIM Internal

SIM Perencanaan Pembangunan

sippd.purworejokab.go.id