Get Adobe Flash player

Instansi Eksternal

dwp-purworejo.org

kwarcabpurworejo.org

pa-purworejo.go.id

pn-purworejo.go.id

indonesia.go.id

bappenas.go.id

Alamat dan Telepon

Daftar Telpon Penting
(Kode telpon 0275) Purworejo
PEMDA 321012
POLRES 110
RSUD 321118
PLN 321043
Telkom 162
PDAM 321050
PMI
321348
PEMADAM
324218/324219
SATLAK PBA
323850
POS
161
Home Potensi Unggulan Bidang Industri Durian Somongari

Durian Somongari

Tak diragukan lagi buah durian termasuk buah yang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang khas, baunya pun sangat merangsang bagi yang menyukai buah durian.

Beberapa kecamatan di Kabupaten Purworejo merupakan penghasil utama buah durian seperti Kec. Kaligesing, Kec. Bruno, Kec. Bener, dan Kec. Loano. Durian Purworejo memiliki ciri khusus bila dibanding durian daerah lain. Yang membedakannya antara lain bentuknya bulat telur dengan warna hijau kekuning-kuningan, durinya pendek dan rapat, serta rasanya manis kepahit-pahitan. Meskipun kulitnya tipis sekitar 3 mm, namun agak sulit dibelah. Bobotnya berkisar antara 1-4 kg per buah, dalam setiap buah ada lima juring (ruang) yang berisi 5-10 daging buah. Daging buah berwarna kuning dan tebal, seratnya halus, kadar airnya sedikit sehingga baunya cukup menyengat hidung. Hasil buah durian Purworejo melimpah sekitar bulan November sampai dengan bulan Februari setiap tahunnya.

Di kota Purworejo hampir di sepanjang jalan dan pasar terdapat orang berjualan durian bila musimnya tiba. Sementara bagi konsumen luar kota seperti Yogya, Magelang, dan kota sekitarnya Purworejo menjadi tujuan utama memborong durian baik untuk dijual lagi maupun untuk dimakan sendiri. Kemasyhuran Purworejo sebagai penghasil durian tak diragukan lagi sehingga bila musim durian tiba kota Purworejo identik dengan kota durian. Diestimasi perputaran bisnis buah durian ini per musim berkisar antara 15 hingga 20 milyar rupiah.

 
Iklan

SIM-SIM Internal

SIM Perencanaan Pembangunan

sippd.purworejokab.go.id