Get Adobe Flash player
Home Potensi Unggulan Bidang Industri Empon-empon Kencur

 

Empon-empon Kencur

Di Kabupaten Purworejo, empon-empon (rempah-rempah) termasuk jenis tumbuhan yang banyak ditanam oleh petani. Oleh karena itu tak mengherankan apabila perkembangannya di beberapa wilayah cukup baik. Besarnya empon-empon yang dihasilkan ini tak lain, karena ditunjang oleh kondisi topografi wilayah Purworejo yang umumnya di perbukitan dan pegunungan. Tak pelak lagi kondisi itu telah menjadi sumber penghasilan bagi petani di wilayah Purworejo. Adapun jenis usaha empon-empon yang dikelola petani ini antara lain temulawak, jahe, dan kunyit.

Khusus tanaman kencur dikenal masyarakat wilayah Kec. Bener secara turun temurun sejak jaman Belanda hingga sekarang. Teknologi yang digunakan petani merupakan penggabungan dari pengalaman di lapangan, informasi dari penyuluhan dan dari brosur/petunjuk teknis.

Tanaman kencur dapat dipanen pada tahun I, II, dan III atau dapat dilaksanakan setiap saat sesuai dengan kebutuhan petani yang bersangkutan sehingga produksi dan penjualan berlangsung setiap hari. Panen raya tanaman kencur biasanya terjadi pada musim kering. Pada saat demikian biasanya tanaman kencur membanjiri pasaran lokal. Pemasaran tanaman kencur relatif mudah yaitu di tingkat desa, pasar kecamatan, atau pasar kabupaten. Khusus untuk petani di desa Legetan, Kec. Bener justru pedagang dari luar kota yang banyak datang bahkan dari Jawa Timur langsung membeli kencur dari petani. Konsumen utama tanaman kencur adalah pengrajin atau penjual jamu gendong, industri jamu tradisional Jawa, dan usaha rumah makan.

Sebagai gambaran, Desa Legetan, Kec. Bener sebagai penghasil sentra produksi kencur potensial menempati luas lahan sekitar 100 ha dengan produksi rata-rata 4 ton/ha.

Dari hasil penelitian, tanaman kencur yang dibudidayakan di daerah Purworejo mempunyai keunggulan rasa lebih pedas. Sebagian besar masyarakat Legetan, Kec. Bener membudidayakan tanaman kencur di lahan miliknya dengan memanfaatkan tanah di bawah tegalan yang sudah ada (diversifikasi).

Ditinjau dari aspek lingkungan, tanaman kencur juga berperan dalam usaha konservasi tanah, mengingat daun kencur yang ada pada tahun ketiga sudah rapat menutup permukaan tanah sehingga dapat mencegah erosi percik atau erosi permukaan (Sheet Erosion). Melihat kontinyuitas produksi yang ada, tanaman kencur termasuk yang dibanggakan masyarakat Purworejo.

 

WAKIL BUPATI

Sub Domain Instansi

Layanan Publik Online

sirup.lkpp.go.id


sirup.lkpp.go.id


lpse.purworejo.go.id


jdih.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id


ppid.purworejo.go.id