Berita Purworejo

Kampung KB Candisari Dikunjungi 15 Media Prov Jateng

Kampung KB Candisari yang merupakan binaan Dinsosdukkbpppa Kabupaten Purworejo, sering menjadi sasaran study banding dari luar daerah. Salah satunya kunjungan 15 jurnalis dari berbagai media Provinsi Jawa Tengah yang langsung menuju lokasi Kampung KB Kencanasari Desa Candisari Kecamatan Banyuurip.

Kegiatan tersebut merupakan agenda press tour program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bersama media massa dan humas BKKBN Provinsi jawa Tengah di Kabupaten Purworejo. Hadir pula Kasubid Hubungan Lini Laporan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Nasriyatiningsih SE MM, Kepala Dinsosdukbpppa, Sekcam Banyuurip, unsur Forkopimcam, dan dinas instansi terkait.

Kasubid Hubungan Lini Laporan Nasriyatiningsih mengatakan, kegiatan press tour ini diikuti 15 media Provinsi Jawa Tengah tersedia media cetak, online, Radio, dan Televisi. Press tour bertujuan untuk melihat langsung dan menggali informasi tentang program Kampung KB Kencanasari yang ada di Desa Candisari Kabupaten Purworejo. Kampung KB Kencanasari ini juga merupakan percontohan Kampung KB di Jawa Tengah.

Dikatakan, kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Sedangkan manfaatnya untuk membangun masyarakat berbasis keluarga, menyejahterakan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pelaksanaan integrasi program lintas sektor. Yakni pembangunan lintas sektor dan kemitraan melibatkan peran bernagai pihak seperti swasta, provider, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Termasuk pentingnya memanfaatkan tehnologi informasi, dengan menyampaikan informasi dan data serta kegiatan terkiat kampung KB melalui media sosial. Seperti yang telah dilakukan di Kampung KB Kencanasari ini telah mengaktifkan informasi melalui website secara kontinyu, sehingga dapat dilihat semua orang. Bahkan dalam pengelolaan websitenya masuk yang terbaik,” ujar Nasriyatiningsih. 

Sementara itu Kepala Dinsosdukkbpppa Kuswantoro mengatakan, kegiatan press tour diharapkan akan memotivasi kampung KB Kecanasari untuk terus berinovasi. Dengan telah dicanangkan sebagai percontohan atau Centre of Excellence (COE) di tingkat Kabupaten Purworejo maupun di Tingkat Provinsi jawa Tengah Kampung KB kencanasari, sering menjadi sasaran study banding. Di Pemkab Purworejo sudah dibentuk 40 kampung KB. Harapannya kampung KB ini akan terus meningkatkan semua kegiatan baik melalui poktan poktan seperti BKB BKR BKL UPPKS POSYANDU KWT, UKM, dan lainnya yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkan Kasi KIE Made Sri Wardani Amd, ada beberapa kabupaten yang telah melakukan study banding di Kampung KB Kencanasari antara lain dari Kabupaten Temanggung, Kebumen, Pekalongan, juga dari Kabupaten Sampit Kalimantan, serta dari Semarang. “Kampung KB ini juga berprestasi dalam pengelolaan website, sehingga memperoleh bantuan berupa laptop yang kami terima di kantor BKKBN Provinsi Jawa Tengah. Laptop ini kemudian diserahkan di Kampung KB Kencanasari untuk perasional,” jelas Made.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....