Berita Purworejo

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo, Minggu (10/11/2019). Puncak peringatan ditandai dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga di pusaran makam pejuang, kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Tentara Pelajar Desa Wareng. 

Sebelumnya dilakukan upacara bendera di Lapangan Desa setempat, dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Peserta upacara diikuti sekurangnya 1000 orang, dari berbagai unsur, TNI, Polri, Pelajar, Pramuka, KNPI, OPD, BUMN, BUMD termasuk unsur ke kepemudaan, veteran dll. 

Hadir Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Forkopimda Propinsi, Forkopimda Purworejo, pejabat BUMN, BUMD, OPD Purworejo.

Gubernur Ganjar Pranowo menjelaskan, dipilihnya Desa Wareng sebagai tempat pusat peringatan tingkat Jateng karena ada cerita yang menarik yang bisa diangkat tentang perjuangan pahlawan di desa tersebut.

“Ada cerita sejarah yang melegenda, kalau tidak salah tahunnya 1949 pada saat agresi militer Belanda II. Waktu itu para pejuang berkorban mempertahankan jembatan yang ada disini, waktu itu akan dibom hingga akhirnya gugur. Yang menarik, dari kisah itu, satu pahlawan kita itu minta kepada ahli warisnya agar ditaburkan hanya dengan bunga putih ,” kata Ganjar.

Menurutnya, peringatan Hari Pahlawan yang dilakukan dengan berkunjung ke pahlawan yang terkenal dan yang tercatat merupakan sesuatu yang jamak atau lazim. Karena hal itu sudah sering dilakukan dan kebanyakan orang juga sudah mengenal dan mengerti pahlawannya.

Saat ini, dirinya mulai melihat cerita-cerita yang berkembang di masyarakat. Bahwa dikampung-kampung pada zaman dahulu terdapat banyak pahlawan, termasuk tentara pelajar yang ada di TMP ini.

“Kita sengaja mencari ke Dinsos untuk mencarikan empat titik, dan saya memilih  kesini. Karena relatif, ini baru yang saya dengar dan tingkat popularitasnya juga belum terdengar. Dengan kunjungan ini, harapannya kita akan sama menghormati pahlawan siapapun dia, karena mereka telah berjuang untuk Republik ini,” imbuh Ganjar.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga memberikan sejumlah bantuan diantaranya, bantuan pembangunan Masjid Darul Taqwa dan gedung Mi Islamiyah masing-masing sebesar 40 juta.  Bantuan dari baznas, bantuan pembangunan bagi Ponpes dan masjid sebesar 100 juta.

Bantuan juga diberikan kepada kelompok masyarakat berupa sambungan listrik, bor dan tower air sebesar 30 juta. Bantuan bagi siswa miskin, peralatan posyandu, bantuan pencegahan stunting, bantuan bagi produksi UMKM, bantuan jamban dan bantuan kursi roda. Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada juara Olimpiade Antar SLTA.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....