Berita Purworejo

Samakan Persepsi Tentang Pemilukada

Sekda Drs Said Romadhon yang diwakili Asisten Pemerintahan Sumharjono SSos MM mengapresiasi atas dilaksanakannya sosialisasi Pemilu kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Purworejo. Ini sebagai wahana untuk membangun harmonisasi sekaligus menyamakan pemahaman dan persepsi antar stakeholders terkait, sebagai persiapan awal penyelenggaraan Pemilukada Serentak pada 2020 mendatang.

Ungkapan tersebut disampaikan Sumharjono pada kegiatan  sosialisasi persiapan Pemilu Pemilukada Kabupaten Purworejo tahun 2020, di runag Arahiwang Setda hari ini Senin (18/11). Hadir pula Polres, Bawaslu, KPU, dan dinas instansi terkiat.

Lebih lanjut Sumharjono mengatakan, sebanyak 270 daerah se Indonesia termasuk Kabupaten Purworejo akan menyelenggarakan agenda politik yang sangat penting yakni Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak (Pemilukada) 2020, pada tanggal 23 September 2020 mendatang. tentunya akan menjadi pesta demokrasi kesekian kalinya yang dilaksanakan di era pemilihan umum secara langsung.

“Sehingga saya yakin dengan semakin meningkatnya kedewasaan politik masyarakat, maka kegiatan tesebut akan bisa terlaksana dengan baik, aman, lancar dan sukses. Meski demikian, kita tidak boleh lengah dan mengabaikan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam sebuah perhelatan yang melibatkan banyak orang dengan beragam kepentingan,” ujarnya.

Sumharjono mengingatkan, perlunya terus mendorong masyarakat untuk memberikan peran serta bagi tumbuhnya kesadaran politik dan demokrasi, sehingga perbedaan yang terjadi tidak menimbulkan gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan perpecahan. Setiap perbedaan pola pandang maupun pilihan dalam berpolitik merupakan suatu hal yang wajar dan itu menandai bahwa iklim demokrasi sudah berjalan dengan baik.

Melalui sosialisasi Pemilukada Sumharjono berharap, sejak dini bisa melakukan proses pemetaan sejumlah masalah yang ada terkait penyelenggaraan Pemilukada Serentak 2020 sekaligus mencari solusinya. Pemetaan sejumlah potensi kerawanan konflik sangat diperlukan untuk suksesnya penyelenggaraan Pemilukada, agar berjalan lebih baik dari perhelatan pemilu dan pilkada sebelumnya. Selain itu, diharapkan dari persiapan sejak dini juga akan mendorong peningkatan partisipasi pemilih.

Sementara itu Kabag Pemerintahan Sri Setyowati SH MM menjelaskan, kegiatan sosialisasi persiapan Pemilukada Kabupaten Purworejo diikuti sekitar 70 kepala OPD se Kabupaten Purworejo termasuk camat dan Kepala Kelurahan. Tujuannya memberikan pemahaman terkait pelaksanaan dan peraturan Pemilukada.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Bupati Lantik 59 Pejabat Struktural
Berita Purworejo

Bupati Lantik 59 Pejabat Struktural

Jumat, 08 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi prat....