Berita Purworejo

Pengawasan Jelang Idul Fitri, Ditemukan Hati Sapi Terinfeksi Cacing Pita

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Purworejo melakukan pembinaan dan pengawasan bahan pangan asal hewan. Pembinaan dilakukan dengan terjun langsung ke 20 pasar di Kabupaten Purworejo serta RPH (rumah pemotongan hewan).

Menurut Kepala DPPKP Wasit Diono SSos, kegiatan tersebut bertujuan melindungi masyarakat konsumen. “Agara bahan pangan asal hewan yang beredar di pasaran memenuhi aspek aman, sehat, utuh dan halal,” ungkapnya, Selasa (19/05/2020).

Kegiatan dengan leading sector DPPKP itu, melibatkan instansi terkait seperti Polres, DinKUKMP, Satpol PP, Bagian Hukum, PPNS dan pengawas mutu hasil pertanian.

Dijelaskan bahwa untuk pengawasan di RPH, dilakukan pada dini hari sekitar jam 02.30, saat dimulainya proses pemotongan. Selain itu, daging dari luar kota yang perlu diperiksa ulang di RPH Baledono juga datang pada sekitar jam tersebut. “Penyembelihan sapi harus dilakukan di RPH, untuk memastikan sapi yang dipotong bukan sapi betina produktif,” katanya.

Wasit mengungkapkan, hasil temuan pengawasan pada hari ini antara lain ditemukan hati sapi yang terinfeksi cacing pita di pasar Suronegaran kurang lebih 2,6 kg dan di pasar Baledono 1/2 kg. “Hasil temuan itu langsung kita sita untuk kemudian dimusnahkan, karena berbahaya apabila dikonsumsi manusia,” katanya.

Dijelaskan bahwa data pemotongan dan peredaran  daging sapi di pasar Purworejo hari ini antara lain di RPH Baledono 3 ekor (sekitar 850 kg),- RPH Kutoarjo 1 ekor (sekitar 350 kg), pemotongan mandiri di Bener 2 ekor ( sekitar 450 kg), daging dari Boyolali 71 kg, serta daging dari Magelang 1.080 kg. Sedangkan estimasi daging ayam di pasar Suronegaran 4 ton, pasar Kutoarjo 3 ton, pasar Baledono 1/2 ton dan pasar Grabag 1/2 ton.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....