Berita Purworejo

Wabup Serahkan Bantuan untuk Penurunan Stunting

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menyerahkan bantuan sebagai upaya percepatan penurunan stunting di Kecamatan Gebang. Bantuan diserahkan secara simbolik kepada 17 warga masyarakat penerima manfaat, di aula Kecamatan Gebang, Selasa (26/09/2003). Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Dinsosdaldukkb Ahmad Jaenudin SIP MM, Forkopimcam, dan sejumlah unsur terkait.

Wabup mengungkapkan bahwa negara memberikan ruang apresiasi atas kontribusi setiap unsur pemangku kepentingan termasuk masyarakat dalam upaya percepatan penurunan stunting. Salah satunya melalui program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS), yang hadir untuk menyediakan ruang kontribusi pemangku kepentingan untuk turut ambil bagian dalam percepatan penurunan stunting.
”Pada Agustus 2023, Program BAAS berjumlah 26 bapak asuh, meningkat menjadi 88 bapak asuh pada bulan September. Ini tentu sebuah peningkatan yang sangat menggembirakan, dan mudah-mudahan bisa ditiru pemangku kepentingan di Kecamatan Gebang,” katanya.

Dijelaskan bahwa Program Bapak Asuh Anak Stunting adalah gerakan gotong royong seluruh elemen bangsa dalam mempercepat penurunan stunting yang menyasar langsung keluarga berisiko stunting. ”Program ini melibatkan perseorangan, masyarakat, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha, media massa, organisasi masyarakat sipil, perguruan tinggi, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan mitra pembangunan,” ungkapnya.

Ditemui terpisah, Nur Rohman salah satu PLKB Kecamatan Gebang mengatakan untuk wilayah Gebang ada 6 desa ekstrim miskin yang di dalamnya ada beberapa anak stunting, ibu hamil yang beresiko dan balita dengan gizi buruk. Keenam desa tersebut adalah Desa Winong Kidul, Winong Lor, Ngaglik, Pakem, Penungkulan, Kalitengkek, dan Prumben. 
”Total ada 12 anak stunting, 2 balita gizi buruk, dan 3 ibu hamil beresiko dan 17 penerima tersebut yang menjadi penerima manfaat dari BAZNAS,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Pemerintah Dukung Program Kegiatan PKK dengan Anggaran Desa
Berita Purworejo

Pemerintah Dukung Program Kegiatan PKK dengan Anggaran Desa

Jumat, 28 Juni 2024

Purworejo - Tim Penggerak PKK (TP PKK) merupakan gerakan pembangunan berbasis keluarga yang menjadi ....


Dinkominfostasandi Ajarkan Pengelolaan Fitur Menarik Website Desa
Berita Purworejo

Dinkominfostasandi Ajarkan Pengelolaan Fitur Menarik Website Desa

Senin, 24 Juni 2024

Purworejo--Pelatihan Website Desa digelar kembali untuk ketiga kalinya pada Senin, 24 Juni 2024, di ....


Puluhan UMKM Lokal Ramaikan Bazar Peringatan Hari Koperasi ke 77 Kabupaten Purworejo
Berita Purworejo

Puluhan UMKM Lokal Ramaikan Bazar Peringatan Hari Koperasi ke 77 Kabupaten Purworejo

Kamis, 11 Juli 2024

Purworejo - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-77, Pemerintah Kabupaten Purworejo menggelar ....