Berita Purworejo

Pokja Pemenuhan Alat Bantu Disabilitas Tanda Tangani Komitmen Bersama

Kabupaten Purworejo melalui kelompok kerja yang telah dibentuk berkomitmen untuk mengupayakan pemenuhan alat bantu disabilitas. Hal itu terbukti dengan dilakukannya penandatanganan komitmen bersama dalam acara Workshop Pemantapan Kelompok Kerja Pemenuhan Alat Bantu di RM ABK Purworejo pada Kamis, 16/11/2023.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Rehabilitasi YAKKUM dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Purworejo. Hadir Kepala Dinas P3APMD Laksana Sakti AP MSi, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsosdaldukkb Purworejo Eny Widiarti Ssi Mkes, Project Manager Yakkum Christian Pramudya, perwakilan perangkat daerah terkait, serta perwakilan organisasi disabilitas di Kabupaten Purworejo.

Dalam sambutannya Laksana Sakti menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas bersama dalam mengupayakan pemenuhan alat bantu disabilitas di Kabupaten Purworejo. Melalui kegiatan ini diharapkan pemenuhan alat bantu disabilitas di Kabupaten Purworejo semakin baik.

“Kita bersama-sama menyatukan pemahaman terkait dengan Pokja ini supaya kedepan mekanisme pemenuhan alat bantu ini berjalan baik, dan teman-teman disabilitas dapat menerima alat bantu sesuai yang dibutuhkan", jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsosdaldukkb Purworejo Eny Widiarti SSi Mkes menyampaikan terkait alur pemenuhan alat bantu di Kabupaten Purworejo. Masyarakat dapat melakukan permohonan alat bantu baik secara pribadi atau diwakilkan dengan mengisi google form. Kemudian nantinya masyarakat akan mendapatkan rekomendasi pemeriksaan medis di puskesmas. Jika memenuhi indikasi medis dan lolos verifikasi, kemudian akan dilakukan rujukan ke RSUD Tjitrowardojo untuk mendapatkan alat bantu.

“Rujukan ini yang menjadi dasar kami dalam menentukan layak atau tidak layak permohonan alat bantu. Nantinya insyaallah kebutuhan pemenuhan alat bantu ini sesuai kebutuhan medis, bukan karena keinginan,” ungkapnya.

Acara workshop ini dilanjutkan dengan paparan situasi kesenjangan pemenuhan alat bantu di Kabupaten Purworejo oleh Project Manager Yakkum Christian Pramudya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, sebanyak 41,5% masyarakat difabel di Kabupaten Purworejo sudah menggunakan alat bantu, sedangkan 58,5% tidak menggunakan alat bantu. Sedangkan Kabupaten Purworejo memiliki potensi pembiayaan alat bantu dengan dukungan dari pihak di luar pemerintah atau swasta.“Dengan potensi ini, tentu bisa untuk percepatan pemenuhan alat bantu di Kabupaten Purworejo” jelasnya.

Berita Terpopuler

Pemerintah Dukung Program Kegiatan PKK dengan Anggaran Desa
Berita Purworejo

Pemerintah Dukung Program Kegiatan PKK dengan Anggaran Desa

Jumat, 28 Juni 2024

Purworejo - Tim Penggerak PKK (TP PKK) merupakan gerakan pembangunan berbasis keluarga yang menjadi ....


Dinkominfostasandi Ajarkan Pengelolaan Fitur Menarik Website Desa
Berita Purworejo

Dinkominfostasandi Ajarkan Pengelolaan Fitur Menarik Website Desa

Senin, 24 Juni 2024

Purworejo--Pelatihan Website Desa digelar kembali untuk ketiga kalinya pada Senin, 24 Juni 2024, di ....


Puluhan UMKM Lokal Ramaikan Bazar Peringatan Hari Koperasi ke 77 Kabupaten Purworejo
Berita Purworejo

Puluhan UMKM Lokal Ramaikan Bazar Peringatan Hari Koperasi ke 77 Kabupaten Purworejo

Kamis, 11 Juli 2024

Purworejo - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-77, Pemerintah Kabupaten Purworejo menggelar ....