Berita Purworejo

Datang ke Diskominfo Jatim, Dinkominfostasandi Belajar Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Dinkominfostasandi) Kabupaten Purworejo melakukan kunjungan kerja ke kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, di Surabaya, Selasa (28/11/2023). Kunjungan yang diikuti para pegawai Dinkominfostasani dan sejumlah awak media di Kabupaten Purworejo itu dalam rangka peningkatan kapasitas insan media Kabupaten Purworejo dan studi tiru mengenai berbagai program serta inovasi yang dimiliki Diskominfo Provinsi Jawa Timur.
Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno SSTP MM menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk belajar bagaimana pengelolaan informasi dan komunikasi publik di Provinsi Jawa Timur, sehingga nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Purworejo.

"Kami ingin ilmu yang kami dapatkan di sini bisa kami terapkan di Purworejo. Kami juga membawa teman-teman wartawan untuk bisa menggali hubungan antara Kominfo dengan media dalam fungsi kehumasannya," katanya.

Sementara Kepala Bidang Komunikasi Publik H Assyari SPd MPd hadir mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin Ssi MIP.

"Kami menyampaikan terima kasih karena teman-teman dari Purworejo telah mempercayai Kominfo Jatim sebagai tempat untuk studi tiru,"

Ujar Kabid Assyari mengawali sambutannya. Dijelaskan bahwa, Diskominfo Provinsi Jawa Timur sudah mendapatkan status informatif dari Komisi Informasi Pusat pada 2022 lalu. Kemudian pada 2023 ini, pihaknya mengaku sedang mempertahankan status tersebut.
Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Diskominfo Provinsi Jawa Timur menggelar berbagai kegiatan seperti Information Community Hackathon yang juga melibatkan mahasiswa dan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Mereka juga memiliki program klinik hoaks yang dibuka 1x24 jam untuk menjawab kebenaran sebuah informasi.

"Melalui program itu kami berhasil menemukan 1.763 berita hoaks, 994 miss informasi, 560 kabar fakta, dan 711 hate speach. Tahun ini semakin banyak karena mendekati tahun politik Pemilu 2024," ujarnya. Subkoodinator Sumber Daya Komunikasi Publik Dinkominfo Provinsi Jawa Timur Eko Setiawan SIKom MMedKom, menambahkan, fungsi kehumasan di Provinsi Jawa Timur terbagi di dua instansi, yakni Biro Administrasi Pimpinan dan Diskominfo Provinsi Jawa Timur.

"Kalau Biro Admi`nistrasi Pimpinan lebih fokus kepada branding atau kegiatan pimpinan. Kalau di Kabupaten menyebutnya Prokopim. Sedangkan, kami (Dinkominfo) lebih fokus kepada program pemerintahan Provinsi secara umum," jelasnya.

Pihaknya juga mengaku menjalin kemitraan dengan media atau wartawan dengan baik. Dalam sehari, Dinas Kominfo Jawa Timur bisa memproduksi 40-60 berita yang diunggah di website dan disebarluaskan kepada media.
Usai berdiskusi mengenai pengelolaan informasi dan komunikasi publik, rombongan Dinkominfostasandi Kabupaten Purworejo juga mengunjungi Command Center, Studio Podcast, dan ruang kerja bidang Informasi Publik dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Jatim. Kegiatan diakhiri dengan saling tukar cindera mata dan foto bersama.

Berita Terpopuler

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025
Berita Purworejo

Petunjuk Teknis PPDB Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025

Selasa, 28 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) telah menyusun Pe....


Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5  Kategori
Berita Purworejo

Berlangsung Meriah, Kontes Kambing Kaligesing Lombakan 5 Kategori

Selasa, 04 Juni 2024

Kontes Kambing Kaligesing tingkat Kabupaten Purworejo 2024 digelar di Desa Wisata Pandanrejo (Dewa P....


Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng
Berita Purworejo

Hebat, Pramuka Siaga Purworejo Bawa Pulang 3 Medali Emas dalam Lomba Tingkat Provinsi Jateng

Senin, 27 Mei 2024

Pramuka Siaga Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo berhasil menorehkan hasil maksimal dalam lomba ting....