Berita Purworejo

Bupati Beri Bingkisan Petugas Palang Pintu Kereta Api

Sebanyak 20 petugas penjaga perlintasan kereta api terima bingkisan lebaran dari Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Rabu (20/5/2020). Bingkisan beserta tali asih diserahkan Bupati didampingi Asisten II Sekda Drs Budi Hardjono, Plt Kepala Dinhub B Gatot Seno Aji SE MM dan Kabag Perekonomian Setda Dra Titik Mintarsih MPd, di Perlintasan Kereta Api Tegalkuning Kecamatan Banyuurip. 

Petugas penjaga terdiri dari 16 orang bertugas diperlintasan sebidang berpalang pintu di Desa Andong Butuh, Tegalkuning Banyuurip, Krendetan Bagelen, dan Bayem Kutoarjo. Sedangkan 4 orang lagi bertugas di underpass Besole Bayan.

"Setiap tahun kita memberikan bingkisan kepada penjaga perlintasan kereta api. ini merupakan bentuk terima kasih kepada para petugas atas baktinya," kata Bupati usai penyerahan.

Terkait peralatan yang digunakan para petugas, Pemkab terus melakukan update agar peralatan petugas laik untuk digunakan. Namun untuk peralatan elektronik, sepenuhnya merupakan kewenangan PT KAI. 

Kepada para petugas bupati berpesan agar selalu memeriksa palang pintu yang digukanan dan memastikan berfungsi dengan baik. Petugas juga diminta waspada terhadap setiap kedatangan kereta api, jangan sampai petugas yang jaga tertidur ketika menjalankan tugas.

"Waspada, jangan tidur dan selalu aktif sehingga tidak terjadi kecelakaan. Kalau sakit jangan lupa memberi tahu agar dapat dilakukan pergantian piket. Ini demi memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat yang melintas," katanya.

Menurutnya, peran dari penjaga perlintasan kereta api sangatlah penting untuk menjaga perjalanan kereta api tetap. Apalagi masih ada perlintasan kereta api yang tidak dijaga. Para penjaga palang pintu ini bertugas juga demi keselamatan warga yang melintas.

"Saya berharap perlintasan yang belum dijaga kedepan akan ada petugas jaganya. Untuk warga yang melintas juga harus berhati-hati," imbuhnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinhub B Gatot Seno Aji menerangkan, pihaknya sudah mengusulkan pengadaan alat komunikasi kepada PT KAI guna memperlancar tugas petugas penjaga perlintasan. Pihaknya juga akan berusaha membahas kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) bagi petugas penjaga perlintasan kereta api.

"Kami bersama dewan akan membahas dan akan mengusahakan adanya kenaikan UMK bagi petugas penjaga perlintasan kereta api, nanti kita lihat regulasi yang ada," terang Gatot.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....