Berita Purworejo

Gelaran Tadarus Kata Swara Berlangsung Meriah, Tampilkan Musik dan Puisi Religi

Gelaran Tadarus Kata Swara yang berlangsung di Rumah Budaya Tjokrodipo berlangsung meriah. Para penonton yang hadir terpukau dengan penampilan elaborasi seni puisi dan musik religi oleh para seniman Purworejo, Sabtu malam 23/3/2024.

 

Kegiatan dimulai pada pukul 20.30 WIB dengan menampilkan sejumlah seniman Purworejo seperti Serambi Bagelen, Esenza, dan elaborasi puisi oleh Makhasin dkk. Mereka tampil membawakan musik dan puisi bernuansa religi.

 

Koordinator acara Dr Sudibyo MHum menjelaskan, pemilihan nama Tadarus Kata Swara berasal dari arti tadarus itu sendiri yakni belajar atau membaca. Kemudian kata merupakan ekspresi sastra puisi dan suara merupakan ekspresi suara melalui musik.

 

"Karena diselenggarakan pada bulan Ramadan, penampilan musik maupun puisi dari teman-teman pastinya bernuansa religi," kata Sudibyo yang juga salah satu personil dari Esenza.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan Rumah Budaya Tjokrodipo sebagai rumah bagi seniman Purworejo untuk berkesenian. Selain itu juga untuk menyemarakkan malam ramadan dengan mengekspresikan seni budaya melalui syair religi.

 

Menurut Sudibyo, Purworejo sebenarnya memiliki potensi yang besar dalam hal kesenian, sehingga harus sering diekspose untuk menunjukkan bahwa kesenian di Purworejo sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain.

 

"Harapannya melalui kegiatan ini dapat memelihara kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Purworejo, serta mengenalkan seniman Purworejo kepada masyarakat luas," harapnya.

 

Berita Terpopuler

Jadwal Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Purworejo tahun 2024
Berita Purworejo

Jadwal Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Purworejo tahun 2024

Senin, 06 Mei 2024

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo secara resmi melepas 658 jamaah calon haji (calhaj) pada mus....


Calon Jamaah Haji 2024 Mulai Ikuti Manasik Haji
Berita Purworejo

Calon Jamaah Haji 2024 Mulai Ikuti Manasik Haji

Senin, 22 April 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri sekaligus membuka Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Pu....


PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online
Berita Purworejo

PPDB SD dan SMP Negeri di Kabupaten Purworejo Dilakukan Secara Online

Rabu, 15 Mei 2024

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Purworejo tahun ajaran 2024/2025 untuk je....