Seputar Pemerintahan

Bupati Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana Dari Presiden RI

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menerima tanda penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Presiden RI Joko Widodo. Penyematan lencana dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Puan Maharani pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXV, yang diselenggarakan di Graha Gubernur, Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (6/7) malam.

Penghargaan tersebut sesuai dengan surat Keputusan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Nomor : 57/Kep/02/2018 tentang penerima tanda penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, dan Dharma Karya Kencana tahun 2018.

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinan Bupati Purworejo dalam menggerakkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera.

Dalam sambutannya, Menko PMK Puan Maharani yang hadir menggantikan Presiden Joko Widodo yang sebelumnya dijadwalkan menghadiri Harganas mengapresiasi atas kinerja dari Gubernur, Bupati, Walikota serta TP-PKK yang menghantar mereka pada penyamatan gelar satya lencana ini.

"Saya atas nama pemerintah Republik Indonesia mengucapkan selamat kepada saudara saudara semua, atas penganugrahan di bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga ini dan terus tingkatkan prestasi," katanya.

Puan menyampaikan bahwa  pemberian penghargaan sudah sesuai mekanisme dengan serangkaian proses penilaian dari Tim Presiden dan BKKBN dengan syarat dan kriteria yang ketat. Selain itu juga telah melalui proses peninjauan lapangan untuk mengukur sejauh mana dedikasi dan kesuksesan program tersebut berjalan di wilayah masing-masing.

Pada kesempatan itu, Puan juga mengajak para kepala daerah yang hadir untuk menjadikan peringatan Harganas bukan sekadar seremonial, melainkan harus diwujudkan pembangunan manusia Indonesia melalui penguatan keluarga berketahanan.

Tampak pula dalam kegiatan tersebut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise, Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKKBN Sigit Priohutomo, Ketua Umum TP-PKK Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta sejumlah Kepala Daerah se Indonesia.

Plt Kepala BKKBN Sigit Priohutomo, mengatakan penghargaan diberikan atas dedikasi serta pemberian diri atas tanggung jawab oleh BKKBN. Dikatakan, ada enam jenis penghargaan yang diberikan. Pertama, Satya lancana Pembangunan yang diberikan untuk 21 Gubernur, Bupati/Walikota. Kemudian, Satya Lencana Wira Karya diberikan kepada TP PKK NTB dan Muslimat NW NTB.

Penghargaan selanjutnya, berupa Manggala Karya Kencana terhadap 74 Gubernur, Bupati/ Walikota dan PKK. Ada juga penghargaan Wira Karya Kencana untuk empat profesi, serta Dharma Karya Kencana untuk 17 mitra kerja. Terakhir Cipta Karya Kencana untuk dua mitra kerja.

Dikatakan Sigit, Harganas XXV tahun 2018 mengusung tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan tagline Cinta Keluarga Cinta Terencana. Tagline tersebut bermakna bahwa peringatan Hari Keluarga Nasional merupakan momen untuk mengingatkan kembali pentingnya mencintai keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga dengan baik.

“Kalau dalam membangun keluarga sudah terencana semua jadi lebih mudah. BKKBN Sahabat Keluarga Indonesia, untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas,” kata Sigit.

Turut mandapingi Bupati dari pemkab Purworejo, Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak dr Kuswantoro, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Purworejo, Agus Ari Setiyadi SSos.

Berita Terpopuler

Pit Onta, Informasi Dinporapar Purworejo Dalam Satu Ruangan
Seputar Pemerintahan

Pit Onta, Informasi Dinporapar Purworejo Dalam Satu Ruangan

Selasa, 17 2023

Purworejo - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo terus berupaya....


242 ASN Purworejo Terima SK Kenaikan Pangkat Periode Oktober 2023
Seputar Pemerintahan

242 ASN Purworejo Terima SK Kenaikan Pangkat Periode Oktober 2023

Jumat, 29 September 2023

Sebanyak 242 orang ASN menerima Petikan SK Kenaikan Pangkat Periode Oktober 2023. Penyerahan dilakuk....