Seputar Ekonomi

Bagian Perekonomian dan SDA selaku Sekertariat TPID Bersama Tim TPID dan BULOG selenggarakan Monitoring Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Kabupaten Purworejo

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Purworejo bersama dengan BULOG melaksanakan pemantauan atau monitoring ke beberapa pasar daerah di Kabupaten Purworejo pada Selasa (7/2/2023). Pada kegiatan kali ini pasar yang dituju adalah Pasar Purworejo, Pasar Jenar, Pasar Grabag, Pasar Kutoarjo dan Pasar Baledono. 
Kegiatan  monitoring diikuti oleh  Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Purworejo Anggit Wahyu Nugroho SSi MAcc, Analis Kebijakan Muda Sub Koor Bidang Perekonomian Sekda Kabupaten Purworejo Yunita Dewi Onggowati SE MM yang sekaligus Sekretaris TPID Kabupaten Purworejo, Kepala Gudang BULOG Butuh Wahyu Anggoro dan anggota TPID Kabupaten Purworejo.


Monitoring harga ini merupakan salah satu tindakan yang di laksanakan oleh TPID untuk mengendalikan inflasi daerah di Kabupaten Purworejo yang menjadi arahan dari Menteri Dalam Negeri untuk pengendalian inflasi di Indonesia. Terdapat 20 komoditas yang menjadi sasaran monitoring harga antara lain beras premium, beras medium, gula pasir, minyak goreng kemasan, minyak goreng curah, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah keriting, cabe merah besar, tepung terigu, kedelai lokal, kedelai import, mie instan, daging sapi, daging ayam broiler, daging ayam jawa, telur, tempe dan jagung. 
Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Purworejo Anggit Wahyu Nugroho SSi MAcc  menjelaskan bahwa tujuan kegiatan monitoring ini adalah untuk mengetahui perkembangan harga yang ada di pasaran di pasar-pasar daerah di Kabupaten Purworejo yang nantinya akan di koordinasikan dengan pemangku kepentingan terkait. “Nantinya akan dikoordinasikan oleh pemangku kepentingan yang lain seperti BULOG agar bisa dilakukan suplai komoditas di pasar-pasar daerah,” jelasnya. Secara umum kenaikan harga yang terjadi pada 5 (lima) pasar yang dikunjungi bervariasi.
Pihak pentugas Pasar Grabag Friska menerangkan bahwa di Pasar Grabag untuk harga beras premium sudah mencapai Rp.13.000/kg, beras medium Rp. 12.000/kg, cabai rawit sudah mencapai Rp. 55.000/kg, telur ayam Rp. 26.000/kg, bawang merah Rp. 48.000/kg, minyak goreng curah Rp. 15.300/ltr, sementara untuk kemasan premium Rp.19.500/ltr.
Kepala Gudang BULOG Butuh Wahyu Anggoro mengungkapkan jika saat ini bulog menjual beras dari gudang BULOG dengan harga Rp.8.300/Kg untuk beras medium dengan pengambilan langsung ke gudang bulog. “Kita dropping beras di masing-masing pasar untuk paling tidak membantu menstabilkan harga, membantu kebutuhan beras untuk masyarakat disekitar pasar ini,” pungkasnya.

Berita Terpopuler

Libur Nataru, Pemkab Purworejo Pastikan Pantai Dewaruci Aman dan Nyaman
Seputar Ekonomi

Libur Nataru, Pemkab Purworejo Pastikan Pantai Dewaruci Aman dan Nyaman

Sabtu, 23 Desember 2023

Memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2023-2024, Pemerintah Kabupaten Purworejo telah menyiapkan posko....


Pertemukan IKM dengan Pelaku Usaha, Dinperintransnaker Kabupaten Purworejo Adakan Business Matching
Seputar Ekonomi

Pertemukan IKM dengan Pelaku Usaha, Dinperintransnaker Kabupaten Purworejo Adakan Business Matching

Rabu, 13 Desember 2023

Business Matching merupakan sebuah ajang kolaborasi yang mempertemukan pelaku bisnis dengan calon mi....